0 Point
Makan buah dan sayur

Cara Agar Tetap Bugar saat Puasa

Berpuasa di bulan Ramadaan, tidak hanya mengubah pola makan dan pola tidur, tetapi jam biologis tubuh juga akan mengalami serangkaian perubahan baik secara fisik maupun mental. 

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap bugar saat menjalani ibadah puasa.

Tips mudahnya adalah setiap jam makan sahur dan buka sediakan buah dan salad segar karena ada serat vitamin mineral, dan fitonutrisi yang membantu memenuhi kebutuhan cairan.

Fitonutrisi sendiri bersifat antioksidan dan menjadi pelindung nutrisi dari sayur dan buah, sementara itu WHO dan Kemenkes juga menyarankan agar mengonsumsi sayuran dan buah yang beraneka warna. 

Tips selanjutnya adalah Konsumsi minuman rendah kalori, dimana disarankan saat berbuka membatasi minuman manis. Seperti diketahui, kebutuhan Gula standar dalam 1 hari sekitar 200kkl atau setara dgn 4sdm gula. 

Langkah selanjutnya adalah pastikan konsumsi nutrisi seimbang saat sahur dan buka. Yang perlu dilakukan adalah konsumsi banyak asupan kalori, karbohidrat, protein hingga vitamin.

Saat berpuasa tubuh masih membutuhkan nutrisi yang sama seperti tidak berpuasa. Pastikan saat sahur ada protein yang membantu kenyang lebih lama, protein sendiri bisa didapat dari ayam, telur, daging, tempe, tahu dan ikan. 

Saat Sahur pilih juga Makanan dengan indeks Glikemik (GI) Rendah, agar ketersediaan energi terjaga seperti buah, sayur, oat, kacang-kacangan atau nasi merah.

Untuk Kecukupan cairan saat puasa, selain minum, konsumsi juga buah dan sayuran dengan Air banyak seperti jeruk, pir, nanas, pepaya, mentimun.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok