0 Point
vaksinasi covid-19

Capai 100 Juta Dosis, Distribusi Cepat Jadi Kunci Keberhasilan Vaksinasi

Kabar gembira untuk kita semua, memasuki bulan September pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai 100 juta penyuntikkan. Berdasarkan data dari Satgas Covid-19, per 31 Agustus vaksinasi mencapai lebih dari 100 juta penyuntikan yang merupakan kombinasi vaksinasi dosis pertama yakni 63.265.720, dosis kedua sebanyak 36.050.866 dan dosis ketiga 640.532.

Sehingga Indonesia meraih peringkat di dunia dengan jumlah warga yang divaksin serta peringkat 7 dunia dengan total dosis suntik vaksin. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, tetap mengajak masyarakat yang belum vaksin untuk menyegerakan vaksinasi.

“Per hari ini, Indonesia sudah mencapai 100 juta dosis vaksin yang disuntikkan. Capaian ini bisa kita capai berkat upaya dan kerja keras dari semua pihak, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Untuk menjaga momentum ini, kami mengajak seluruh masyarakat yang belum vaksin untuk menyegerakan vaksinasi,” tutur Johnny G Plate pada 1 September 2021.

Indonesia kembali kedatangan vaksin tahap ke-49 berupa 207.000 dosis vaksin jadi AstraZeneca. Vaksin ini merupakan bantuan pemerintah Belanda dari skema Bilateral. Dengan kedatangan kali ini, total vaksin yang sudah datang ke Indonesia baik dalam bentuk bulk dan jadi adalah sekitar 220,4 juta dosis vaksin.

"Pemerintah kembali mendatangkan vaksin untuk mengamankan ketersediaan vaksin COVID-19 di Indonesia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Sabtu (4/9/2021).

Menurutnya, stok yang cukup dan distribusi yang cepat menjadi kunci utama percepatan vaksinasi. Pemerintah terus berupaya mengamankan stok vaksin, baik melalui kerja sama bilateral maupun multilateral.

“Ketersediaan vaksin menjadi kunci kecepatan vaksinasi. Maka dari itu, pemerintah terus bekerja keras untuk mendatangkan vaksin melalui berbagai skema,” ujar Johnny.

Menkominfo menambahkan, vaksinasi perlu terus dipercepat dan diperluas untuk memperkuat pengendalian pandemi. Menurutnya, vaksinasi juga menjadi salah satu upaya untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Penguatan ketersediaan stok dan percepatan distribusi vaksin secara tepat guna adalah kunci utama penanganan pandemi. Namun, masyarakat harus selalu mengingat bahwa untuk memaksimalkan hal itu, protokol kesehatan harus diperkuat dari mulai menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," katanya.

(Foto: caricom)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok