Camilan Manis yang Ramah Bagi Pengidap Diabetes

August 22, 2021 | Iman

Cokelat hitam

Jika Anda menderita diabetes, menemukan makanan yang enak, rendah karbohidrat dan tanpa tambahan gula tentu menjadi tantangan. Tidak hanya itu, memilih makanan ringan yang juga tinggi serat, protein, dan lemak sehat untuk jantung untuk mendukung kontrol gula darah yang lebih baik bisa menjadi lebih sulit.

Ada banyak pilihan nutrisi yang tersedia, makanan makana berikut meski dikenal manis tetapi masih aman untuk dikonsumsi sebagai camilan. Berikut adalah camilan manis dan camilan sederhana untuk penderita diabetes.

1. Cokelat hitam

Jika dinikmati dalam jumlah sedang, cokelat hitam bisa menjadi cara yang sehat dan lezat untuk memuaskan rasa manis Anda.
Cokelat hitam sangat kaya akan flavonoid, sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah resistensi insulin dan melindungi terhadap masalah jantung bagi penderita diabetes tipe 2.

2. Pir

Buah pir adalah sumber serat yang bagus, memiliki lebih dari 4 gram serat, dengan 21,3 gram karbohidrat, dalam setiap porsi 1 cangkir (140 gram). Serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menstabilkan kadar gula darah setelah makan. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi pir segar juga bisa menjadi strategi yang efektif untuk membantu meningkatkan kontrol gula darah bagi penderita diabetes.

3. Apel

Apel adalah buah serbaguna, lezat, dan juga bergizi dengan kandungan 28 gram karbohidrat dan 5 gram serat dalam satu apel ukuran sedang. Mereka juga memiliki indeks glikemik rendah, yang merupakan ukuran seberapa besar makanan tertentu mempengaruhi kadar gula darah.

YesDok Ads

Sebuah studi penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi apel sebelum makan nasi membantu menurunkan kadar gula darah, dibandingkan dengan makan nasi saja. Cobalah mengiris apel dan menambahkan sedikit kayu manis untuk camilan mudah saat bepergian, atau padukan dengan selai kacang untuk meningkatkan asupan protein dan lemak sehat Anda.

4. Anggur

Seperti jenis buah lainnya, anggur bisa menjadi makanan sehat berserat tinggi untuk penderita diabetes. Faktanya, setiap porsi 1/2 cangkir (75 gram) mengandung sekitar 1 gram serat dan 14 gram karbohidrat.

Anggur merah juga sarat dengan antioksidan dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melindungi dari komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan diabetes. Untuk camilan manis dan menyegarkan, nikmati anggur segar atau coba bekukan semalaman.

5. Yoghurt Yunani

Dengan 20 gram protein dalam setiap porsi 7 ons (200 gram), yogurt Yunani bisa menjadi pilihan camilan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Mambantu meningkatkan asupan protein Anda dapat membantu mendukung pengendalian nafsu makan dan mengurangi keinginan makan.

Yang cukup menarik, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa suplementasi harian dengan yogurt yang diperkaya dengan vitamin D dan probiotik dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads