Butterfly Hug Untuk Mengatasi Rasa Cemas

June 20, 2021 | Aqiyu

Butterfly Hug

Anda pernah merasa cemas dalam situasi tertentu? Ya, semua orang pernah merasakan cemas. Saat cemas melanda, hati menjadi gusar dan tidak tenang. Hal ini dapat membuat semua berantakan dan diluar kendali. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasi rasa cemas tersebut dengan pelukan kupu-kupu atau butterfly hug.

Butterfly hug merupakan cara menstimulasi untuk menenangkan diri dari rasa cemas dan dapat dilakukan secara mandiri. Butterfly hug pertama kali dikembangkan oleh Lucina Artigas dan Ignacio Jarero pada tahun 1998 saat menolong para korban selamat dari badai besar di Meksiko. Butterfly hug kemudian populer kembali setelah menjadi salah satu adegan dalam drama Korea berjudul It’s Okay To Not Be Okay.

Setelah terbukti ampuh meredam kecemasan dan mengurangi taruma, metode ini banyak digunakan sebagai praktik standar oleh para ahli jiwa, dokter, psikolog dan terapis. Butterfly hug sangat mudah dilakukan dimana dan kapan saja. Cara melakukan butterfly hug saat Anda dilanda rasa cemas, sebagai berikut:

  1. Silangkan kedua telapak tangan Anda ke pundak.
  2. Lalu pejamkan mata dan fokuskan pikiran Anda pada hal yang positif.
  3. Tarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan.
  4. Tepuk pundak Anda dengan kedua telapak tangan secara perlahan seperti kepakan kupu-kupu disertai dengan napas yang teratur.
  5. Ulangi gerakan tersebut sampai Anda merasa tenang dan rileks.

Bagaimana butterfly hug dapat mengatasi kecemasan?

YesDok Ads

Rasa cemas pada orang yang mengalami gangguan pascatrauma muncul akibat adanya rangsangan yang membuatnya mengingat kembali pada peristiwa traumatis tersebut. Tubuh yang secara otomatis merespon hal tersebut akan merasa panik dan cemas.

Teknik butterfly hug adalah stimulasi bilateral dimana penggunaan rangsangan eksternal visual dan sentuhan untuk membantu seseorang memproses ingatan yang membuatnya trauma. Menurut Association for Comprehensive Energy Psychology, butterfly hug dapat membuat jantung menjadi lapang, mampu menyeimbangkan otak kiri dan kanan dan hal ini berguna untuk seseorang menyelesaikan emosi yang ia rasakan. Teknik ini sangat bermanfaat untuk menstabilkan emosi dalam jangka panjang.

(Foto: youtube)

YesDok Ads