Bukan Memar, Ini Kenapa Ada Bercak Biru Pada Bayi

August 16, 2020 | Aqiyu

Bercak mongol

Kelahiran buah hati sangat didambakan bagi pasangan suami istri. Si kecil yaang baru dilahirkan memiliki kejutan-kejutan bagi orangtuanya. Apalagi bagi orang tua baru, yang sering kali khawatir bila melihat sesuatu pada si kecil. Salah satunya adalah bercak biru pada bayi yang baru dilahirkan.

Bercak biru tersebut bukanlah memar melainkan bercak mongol. Bercak mongol adalah bercak berwarna biru pada kulit bayi baru lahir. Biasanya bercak biru ini muncul di bagian bokong, punggung, tangan atau kaki. Bercak mongol ini tidak perlu dicemaskan selama bercaknya tidak membesar dan tidak disertai dengan keluhan kesehatan lainnya.

Bercak mongol tidak berbahaya dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Bercak mongol dapat muncul ketika melanosit atau sel penghasil melanin yang memberi warna pada kulit terperangkap pada lapisan kulit dalam saat janin berada di kandungan. Sehingga sel tersebut tidak dapat mencapai lapisan kulit luar dan menimbulkan bercak biru pada kulit.

Hingga saat inu belum diketahui secara pasti apa penyebab melanosit terperangkap. Namun, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kondisi ini lebih banyak terjadi pada bayi baru lahir di bagian Asia atau Afrika yang memiliki kulit berwarna gelap. Bahkan bercak mongol ini yang terlihat seperti memar ini dianggap sebagai tanda lahir.

YesDok Ads

Agar Anda mengetahui bagaimana ciri dari bercak mongol ini sebagai berikut:

  • Bercak mongol memiliki tekstur yang sama dengan kulit bayi, rata dan tidak menonjol.
  • Ukuran bercak mongol ini biasanya sekitar 2-8 cm.
  • Tidak memiliki bentuk yang khas, bentuk bercak mongol tidak beraturan dengan pinggiran yang agak kabur.
  • Bercak mongol biasanya muncul di area bokong atau punggung bawah. Pada beberapa kasus tertentu dan jarang terjadi, bercak mongol muncul dibagian tangan atau kaki.
  • Meski akan hilang dengan sendirinya, bercak mongol tidak akan hilang dalam waktu yang cepat.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bercak mongol yang muncul pada kulit bayi tidak memerlukan perawatan khusus. Karena bercak mongol bukanlah suatu kelainan atau penyakit. Namun yang perlu diperhatikan adalah bila bercak biru tersebut berubah warna, bentuk dan tekstur. Atau bercak mongol tersebut tidak juga hilang sampai si kecil berusia empat tahun.

(Foto:  vix.com)

YesDok Ads