Buah yang Cocok bagi Penderita Diabetes

May 26, 2019 | Iman

Penderita diabetes harus sangat berhati-hati dalam menyiapkan grafik diet mereka. Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes tanpa khawatir. Namun, ada sebagian besar makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah mereka. Sama halnya dengan buah, berkali-kali, kita telah diberitahu bahwa buah-buahan dan sayuran adalah lambang kesehatan dan tidak ada yang bisa mengalahkan bahan-bahan alami ini dalam menerapkan diet sehat. 

Namun, orang yang menderita diabetes menghadapi pembatasan dalam hal ini, karena kandungan gula dalam buah-buahan dapat memiliki efek buruk yang parah.

Jadi, apa saja buah yang direkomendasikan untuk penderita diabetes? Banyak jenis buah-buahan yang mengandung vitamin, mineral, dan serat, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah serta mengurangi risiko Anda terkena diabetes tipe 2. Berikut adalah buah yang dianjurkan bagi para penderita diabetes seperti dilansir Boldsky

Stroberi

Buah ini sarat dengan vitamin, antioksidan dan serat yang membantu Anda mengendalikan diabetes. Selain itu, stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan rendah karbohidrat. Stroberi menjaga perut Anda kenyang, membuat Anda tetap berenergi dan membantu Anda menyeimbangkan kadar gula darah Anda.

Jeruk

Buah ini kaya serat, rendah gula, dan tinggi vitamin C, mengkonsumsi jeruk akan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Mereka memiliki 87 persen kadar air dan memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Jeruk juga membantu Anda mengendalikan berat badan.

YesDok Ads

Ceri

Dengan indeks glikemik rendah, Ceri jugakaya akan vitamin C, antioksidan, zat besi, beta-karoten, kalium, folat, magnesium dan serat. Ceri sangat bermanfaat untuk diabetes. Selain itu, ceri penuh dengan anthocyanin yang diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin hingga lima puluh persen.


Apel

Buah ini kaya Vitamin C, serat larut dan antioksidan, apel dapat membantu Anda mengendalikan diabetes. Apel juga mengandung pektin yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda dan mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes sekitar tiga puluh lima persen.

Pir

Buah pir berlimpah dengan serat dan vitamin yang membantu menjaga kadar gula darah di bawah kendali. Pir dianggap sangat bermanfaat bagi diabetes karena membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

(Foto: timesofindia.com)

YesDok Ads