Buah dan Sayuran yang Baik dikonsumsi di Musim Dingin

November 05, 2019 | Iman

Bulan November kita masuk pada musim hujan yang membuat cuaca menjadi dingin, perlu asupan yang tepat agar anda terus fit dan bugar sehingga tidak terkena penyakit di musim dingin.

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari asupan yang tepat pada musim dingin, sebab ada beberapa buah-buahan dan sayuran tertentu yang sering kita jumpai dan mudah didapatkan yang harus dikonsumsi di musim dingin.

Buah-buahan dan sayuran yang akan disebutkan ini kaya akan phytochemical dan antioksidan yang dapat membantu dan mencegah Anda terserang flu atau alergi musim dingin atau masalah kesehatan lainnya yang terkait musim dingin.

Berikut adalah daftar buah dan sayuran yang baik dikonsumsi di musim dingin seperti dilansir laman Boldsky.

1. Buah jeruk

Buah Jeruk atau semacamnya seperti lemon, jeruk bali, atau jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Mengonsumsi buah jeruk akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anda, mencegah kulit kusam dan kerusakan rambut, dimana hal tersebut yang biasa terjadi selama musim dingin.

2. Delima

Delima adalah buah bergizi yang memiliki kandungan antioksidan polifenol dan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol dan juga dapat membantu mengobati flu.

YesDok Ads

3. Jambu Biji

Jambu biji mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, mangan, kalium dan vitamin dan mineral penting lainnya. Makan jambu biji pada saat musim dingin dianggap sangat efektif untuk memberikan bantuan saat anda flu.

4. Pepaya

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang bertindak sebagai exfoliator yang kuat dan melarutkan protein yang tidak aktif dan sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit Anda bebas dari pigmentasi dan cacat. Selain itu, kandungan vitamin E dan vitamin A dalam pepaya juga dapat membantu meremajakan kulit Anda, terutama saat musim dingin.

5. Wortel

Wortel adalah sayuran populer yang dapat ditemukan secara mudah pada saat musim dingin. Wortel adalah sumber beta-karoten yang sangat baik, dan dapat diubah menjadi vitamin A saat dikonsumsi. Vitamin ini diperlukan untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan mata.

5. Kubis merah

Kubis merah merupakan sumber vitamin dan mengandung mangan, dan kalium yang sangat baik. Kubis jenis ini juga tinggi anthocyanin yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, makan kubis saat musim dingin akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

YesDok Ads