0 Point
Buah blueberry

Buah Blueberry Dapat Turunkan Penyakit Kardiovaskular pada Wanita

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi blueberry dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada wanita pascamenopause dengan tekanan darah tinggi.

Temuan dari studi ini dipresentasikan pada Konferensi Internasional tentang Polifenol dan Kesehatan di London.

"Kami juga menemukan bukti bahwa blueberry dapat meningkatkan fungsi endotel melalui pengurangan stres oksidatif dalam tubuh," kata peneliti dari Colorado State University di AS, Sarah Ardanuy Johnson.

Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa polifenol dan makanan kaya polifenol seperti blueberry dapat mengurangi stres oksidatif.

"Untuk mengamati hubungan langsung antara pengurangan stres oksidatif dan peningkatan fungsi endotel pada manusia sangat menarik dan memberikan wawasan tentang bagaimana blueberry meningkatkan kesehatan kardiovaskular," ucap Sarah.

Tim peneliti tersebut melakukan uji klinis acak pada 43 wanita pascamenopause yang kekurangan estrogen berusia 45-65 tahun dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi stadium 1.

Tim penelitian juga sedang mengeksplorasi peran mikrobioma usus dalam menentukan efek perlindungan kardiovaskular dari blueberry dan kandungan polifenolnya. 

“Kuncinya adalah bahwa ada manfaat dari mengkonsumsi blueberry secara teratur untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung,” terang Sarah.

(Foto: healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok