Bolehkah Tetap Divaksin Saat Terpapar COVID-19?

March 03, 2022 | Helmi

vaksin covid

Bolehkah seseorang tetap divaksinasi setelah terpapar virus corona dan dinyatakan positif COVID-19? Jawaban singkat untuk pertanyaan itu adalah tidak. Berikut penjelasannya menurut ahli.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menjelaskan bahwa seseorang tidak boleh mendapatkan vaksin setelah dites positif dan menunjukkan gejala COVID-19. 

Para ahli mengatakan bahwa mendapatkan vaksinasi saat menghadapi infeksi aktif kemungkinan tidak akan meningkatkan respons kekebalan seseorang terhadap SARS-CoV-2.

Terlepas dari peringatan tersebut, para ilmuwan mengakui bahwa mereka masih tidak tahu efek pasti dari menerima vaksin atau suntikan booster saat menderita infeksi yang sedang berlangsung. 

YesDok Ads

Selain itu belum ada bukti yang menunjukkan bahwa kemanjuran vaksin berubah ketika diberikan pada individu yang positif COVID, menurut Verywell Health.

Namun, CDC menjelaskan bahwa alasan utama seseorang yang menghadapi infeksi sangat tidak disarankan untuk mendapatkan vaksin berkaitan dengan keselamatan orang lain. 

Mengantri untuk mendapatkan vaksin sambil berjuang melawan COVID-19 membuat orang lain, terutama petugas kesehatan, berisiko tertular virus.

Maka dari itu disarankan untuk orang yang terpapar COVID-19 untuk melakukan isolasi mandiri jika tidak mengalami gejala berat. Sementara untuk yang mengalami gejala berat bisa mendapatkan perawatan dari Rumah Sakit.

YesDok Ads