0 Point
Teh hijau

Bolehkah Minum Teh Hijau Saat Perut Kosong?

Teh hijau merupakan minuman tradisional penuh khasiat. Dari menurunkan berat badan hingga menstabilkan kadar gula darah, teh hijau kerap jadi pilihan utama. Beberapa orang sangat menyukai teh untuk mengawali hari. Lantas timbul pertanyaan, bolehkah dikonsumsi saat perut kosong? Ini faktanya.

Teh hijau memiliki tanin yang dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan sakit perut. Asam yang berlebihan di perut ini bisa membuat seseorang merasa mual. Semua masalah ini selanjutnya menjalar sehingga dapat menyebabkan sembelit.

Penderita tukak lambung atau refluks asam disarankan untuk tidak minum teh hijau di pagi hari. Mengonsumsinya mungkin dapat memperburuk kondisi tersebut.

Bila dikonsumsi saat perut kosong, senyawa dalam teh memengaruhi tubuh dan darah lebih cepat daripada saat dikonsumsi setelah makan. Salah satu efeknya adalah mengurangi protein yang membantu pembekuan darah. Teh tidak memungkinkan oksidasi asam lemak karena antioksidannya, yang dapat mengencerkan konsistensi darah. Dengan demikian, penderita gangguan pembekuan darah sebaiknya tidak mengonsumsi teh hijau saat perut kosong.

Teh hijau dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi secara alami. Oleh karena itu, penderita anemia disarankan untuk tidak mengonsumsi teh hijau. Namun jika tetap ingin mengkonsumsinya, beri jeda dan tentunya tidak dalam keadaan perut kosong.

Kafein dalam teh hijau merangsang kelenjar adrenal, yang melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Hal ini, pada gilirannya, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, yang tidak baik bagi pasien jantung. Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan kelelahan adrenal (kelenjar adrenal yang terlalu banyak bekerja).

Yang terbaik adalah mengonsumsi teh hijau di pagi hari tetapi dengan sedikit makanan ringan. Anda bisa mengkombinasikan dengan dua keping biskuit gandum atau buah pilihan Anda. Namun itu tergantung pada preferensi pribadi Anda. Beberapa orang mungkin menyukainya sebelum latihan, sementara yang lain mungkin lebih cocok dengan rutinitas santai mereka di lain waktu.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok