0 Point
Minum Kopi Sebelum Olahraga

Bolehkah Minum Kopi Sebelum Olahraga?

Kopi merupakan minuman favorit bagi banyak orang. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga penuh manfaat. Kopi dapat membuat seseorang tetap waspada dan dipercaya membuat tubuh lebih segar. Lalu, bagaimana jika kopi diminum sebelum berolahraga? Adakah manfaat minum kopi sebelum olahraga?

Berikut ini merupakan manfaat minum kopi sebelum olahraga yang mungkin ingin Anda dapatkan:

Mengoptimalkan pembakaran lemak

Olahraga dilakukan salah satunya dengan tujuan untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh. Minum kopi sebelum olahraga dipercaya dapat mengoptimalkan pembakaran lemak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of the International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa, mengonsumsi kafein 1 jam sebelum berolahraga aerobik, dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Penelitian juga mencatat bahwa manfaat minum kopi sebelum olahraga ini lebih maksimal jika olahraga dilakukan di sore hari.

Mencegah kantuk

Beberapa orang mungkin terganggu dengan rasa kantuk jika hendak berolahraga di pagi hari, dan untuk mengatasi hal ini, kopi bisa menjadi jawaban yang tepat.

Manfaat minum kopi sebelum olahraga pagi dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan membuat Anda tetap fokus dalam menjalani berbagai latihan olahraga.

Mengurangi nyeri otot

Nyeri otot umum terjadi saat berolahraga, terutama bagi Anda yang baru mencoba olahraga kembali setelah sebelumnya kurang aktif bergerak. Manfaat minum kopi sebelum olahraga dapat membantu meredakan nyeri pada otot setelah melakukan olahraga yang intens.

Meningkatkan performa

Manfaat minum kopi sebelum olahraga lainnya adalah kopi dapat meningkatkan performa fisik yang diperlukan selama berolahraga. Hal ini dibuktikan dalam sebuah riset, di mana kopi dipercaya sebagai ergogenik atau peningkat performa fisik dalam olahraga kardio atau latihan untuk kekuatan.

Membakar lebih banyak kalori

Tak hanya lemak, manfaat minum kopi sebelum olahraga juga baik untuk membakar lebih banyak kalori. Sebuah studi yang tercatat dalam The International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism menyebutkan, atlet yang mengonsumsi secangkir kopi sebelum olahraga, mampu membakar 15 persen kalori lebih banyak, selama tiga jam setelah olahraga, dibandingkan dengan kelompok yang hanya mengonsumsi plasebo.

(Foto: wellandgood.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok