Bolehkah Mengganti Sisi Payudara saat Menyusui?

January 30, 2022 | Iman

Ibu menyusui

Keibuan adalah proses alami yang dialami seorang ibu yang sudah memiliki anak. Menyusui adalah pengalaman yang sama sekali baru bagi ibu baru dan mungkin sulit untuk dikelola pada awalnya.

Masalah yang sering melanda ibu adalah menyusui, dan terkadang membingungkan. Namun, itu hanya masalah preferensi asalkan bayi mendapat cukup ASI dan tumbuh kembang bayi dengan sehat.

Meskipun sang ibu harus memilih apa yang mudah dan paling nyaman untuk dirinya dan anak Anda, penting juga untuk menampung apa yang dikatakan para ahli.

Membangun pasokan susu yang sehat hanyalah salah satu keuntungan yang ditawarkan payudara secara bergantian selama menyusui. Selain itu, bayi tidur lebih lama dan juga memberikan lebih banyak ASI pada setiap menyusui untuk bayi baru lahir yang perlu menambah berat badan.

Mengganti payudara saat menyusui dapat mencegah payudara Anda menjadi tidak rata ukurannya. Kondisi ini juga membantu Anda merasakan bahkan di kedua sisi daerah dada dalam hal rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Metode menyusui ini nyaman dan mungkin menjadi satu-satunya pilihan yang dimiliki seseorang karena masalah kesehatan. Terkadang bayi Anda juga dapat mengembangkan preferensi untuk satu payudara dalam hal ini, bayi cenderung tidak mau beralih bergantian ke lainnya.

YesDok Ads

Jika Anda tidak memiliki pilihan selain menggunakan hanya satu payudara untuk memberi makan bayi, Anda harus tahu bahwa menyusui hanya dari satu payudara dapat menyebabkan berkurangnya pasokan di payudara lainnya.

Jika Anda memiliki persediaan susu yang melimpah, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukannya karena bayi akan memiliki persediaan susu yang cukup dan pertumbuhannya tidak akan terpengaruh. Manfaat seperti berkurangnya rewel, dan gejala kolik di tubuh Anda adalah manfaat lain dari menyusui hanya dengan satu payudara.

Para ahli berpendapat bahwa dianjurkan untuk mengganti sisi payudara saat menyusui dalam beberapa minggu pertama bayi Anda lahir. Hal ini membantu merangsang produksi ASI saat Anda membangun pasokan ASI yang sehat.

Masalah seperti pembengkakan payudara, saluran susu yang tersumbat, dan mastitis juga dapat dihindari dengan praktik ini. Setelah bayi berkembang, setelah sekitar empat hingga enam minggu, Anda dapat mulai menggunakan hanya satu payudara untuk menyusui bayi atau cukup menggunakan metode apa pun yang cocok untuk Anda dan bayi Anda.

Setelah bayi Anda berkembang dengan baik, biarkan mereka menyusui dari satu sisi selama yang mereka inginkan. Anda dapat bergantian pada sesi menyusui selanjutnya.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads