Bolehkah Memberikan Yogurt Pada MPASI Anak?

March 18, 2023 | Aqiyu

yogurt untuk mpasi

ASI merupakan asupan paling sempurna untuk bayi baru lahir hingga usia enam bulan. Memasuki usia enam bulan bayi berhak mendapatkan makanan padat sebagai pendamping ASI. Jadi, saat mulai memberikan MPASI, Anda tetap harus melanjutkan memberikan ASI juga untuk si kecil. Saat MPASI banyak makanan yang ingin diberikan untuk si kecil. Salah satunya adalah yogurt, namun mungkin ada keraguan apakah boleh memberikan yogurt untuk MPASI?

Sebenarnya yogurt aman diberikan untuk si kecil saat MPASI. Pada bayi yang baru belajar makan dan tekstur makanannya masih berbentuk pure, maka yogurt bisa dicampurkan dalam makanan. Bila si kecil berusia 8 bulan ke atas maka yoghurt bisa dikonsumsi dengan menambahkan buah yang sudah dilumatkan. 

Yogurt sudah bisa diberikan saat MPASI karena mengandung kandungan yang baik. Meliputi protein hewani, kalsium, vitamin B2, vitamin B12, kalium, dan magnesium. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik yakni lactobacillus dan bifidobacterium yang berguna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan saluran cerna. 

Meski si kecil sudah bisa mengonsumsi yogurt, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut ini:

YesDok Ads

  1. Usia anaknya sudah lebih dari enam bulan.
  2. Beberapa pakar menyarankan menunda pemberian yoghurt hingga usia berusia 9 bulan.
  3. Pilihlah yogurt tanpa rasa atau plain yoghurt.
  4. Yogurt tidak diberikan pemanis dan pengawet.
  5. Yogurt harus sudah melalui proses pasteurisasi dan biasanya terbuat dari whole milk.
  6. Yogurt diberikan tanpa topping seperti madu atau gula.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan setelah memberikan si kecil makanan terutama yogurt untuk mpasi adalah muncul atau tidaknya reaksi alergi. Berhubung si kecil baru belajar mengenal makanan dan yogurt bisa berpotensi menimbulkan alergi. 

Terutama bagi bayi yang riwayat alergi susu sapi atau tanda-tanda alergi susu. Jika si kecil menunjukkan gejala alergi sebaiknya hentikan sementara memberikan yogurt. Supaya lebih aman Anda dapat ber konsultasikan terlebih dahulu pada Dokter Spesialis Anak Anda sebelum memberikan yogurt untuk MPASI.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: Happy family organics)

YesDok Ads