0 Point
Susu UHT Untuk Bayi

Bolehkah Memberikan Susu UHT untuk Bayi?

Bayi umumnya diberikan asupan ASI atau susu formula. Akan tetapi, ada juga beberapa orang tua yang memberikan susu UHT untuk bayi, bolehkah hal ini dilakukan?

Susu ultra-heat treatment atau susu UHT adalah susu yang telah melalui proses pemanasan pada suhu lebih dari 135 derajat Celsius selama beberapa detik. Meski diolah dengan suhu tinggi, namun susu UHT tetap mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, protein, fosfor, kalium, dan beberapa jenis vitamin. Tak hanya itu, proses pemanasan pada susu UHT juga bisa membuatnya dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Melihat kandungan nutrisi yang ada dalam susu UHT, tentu rasanya aman memberikan susu UHT untuk bayi. Alasan ini pula yang digunakan beberapa orang tua untuk memberikan susu UHT pada bayinya, karena dianggap, susu UHT dapat mendukung tumbuh kembang bayi.

Benar adanya kalau susu UHT mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, hanya saja, pemberian susu UHT-lah yang perlu diperhatikan. Ini karena susu UHT sebenarnya tidak diperuntukkan untuk segala usia, apalagi usia bayi.

Sejak baru lahir hingga menginjak usia 6 bulan, bayi hanya membutuhkan nutrisi yang berasal dari ASI atau susu formula saja. Ia tidak memerlukan nutrisi lain baik yang berasal dari susu UHT atau minuman lainnya.

Bahkan susu UHT juga tidak boleh diberikan secara langsung, atau menjadi minuman utama bayi yang belum berusia satu tahun. Ini karena kandungan dalam susu UHT tidak begitu lengkap, jika dibandingkan dengan ASI atau susu formula, sehingga ketika susu UHT menjadi minuman utama bayi, maka bayi akan mengalami kondisi kekurangan nutrisi yang padahal dibutuhkan olehnya untuk tumbuh dan berkembang.

Kandungan zat besi pada susu UHT dinilai cukup rendah. Sementara bayi membutuhkan zat besi untuk menjaga kesehatannya, seperti mencegah anemia dan menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh.

Selain itu, pemberian susu UHT untuk bayi juga tidak disarankan karena kandungan protein sapi dalam susu UHT yang cukup besar. Pencernaan bayi belum sempurna, sehingga ia belum bisa menyerap protein sapi dalam jumlah besar. Salah-salah, bayi malah akan mengalami sejumlah masalah pencernaan yang tentu tidak Anda harapkan.

Lalu, sejak usia berapa pemberian susu UHT untuk bayi?

Melihat risiko yang cukup tinggi jika Anda memberikan susu UHT untuk bayi di bawah usia 1 tahun, maka saat si kecil sudah menginjak lebih dari 1 tahun, Anda boleh mencoba memberikannya susu UHT, namun tentu secara bertahap dan jangan langsung dijadikan sebagai minuman utama.

Jika masih ragu, Anda bisa mengonsultasikannya lagi dengan dokter anak. Jangan sampai salah langkah, dan berakibat buruk untuk buah hati Anda.

(Foto: recyclecartons.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok