Bolehkah Makan Sepuasnya Saat Berbuka Puasa?

May 18, 2020 | Iman

Orang dengan rasa lapar

Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi muslim yang sudah dewasa dan sehat. Saat puasa seseorang diminta menahan diri dari lapar dan haus selama 14 jam. Sama dengan puasa Ramadhan, dunia barat juga mengenal istilah metode puasa interval (intermittent fasting) dengan sistem buka tutup.

Banyak orang mengeluh ketika berpuasa, mereka umumnya merasa lelah dan dilanda sangat lapar. Pola ini lantas membawa seseorang untuk makan seenaknya atau balas dendam saat berbuka. Bolehkah? 

Jika rasa lapar Anda terlalu parah saat puasa, para ahli menganjurkan untuk meminum minuman yang tanpa kalori seperti teh dam kopi tanpa gula. Hal ini dikarenakan dapat membant mengerem rasa lapar Anda. 

Puasa apa pun itu bertujuan detoksifikasi tubuh. Selain itu puasa seharusnya menjaga kebugaran dan berar badan Anda. Berikut beberapa yang perlu diperhatikan kala berbuka puasa menurut para ahli nutrisi. 

YesDok Ads

  1. Makan sewajarnya jangan berlebihan dengan porsi normal, jangan pula dengan porsi terlalu sedikit. 
  2. Pastikan Anda makan makanan seimbang dan sehat. Pilih makanan yang berasal dari gandum, protein tinggi seperti susu dan daging, serta buah sebagai pemenuhan serat agar kenyang lebih lama.
  3. Tetap terhidrasi, kurangi konsumsi pemanis apalagi makanan yang berpengawet. 
  4. Jangan tergesa-gesa saat makan. Biasanya perut butuh waktu menerima menu berat ketika berbuka, Anda dapat memberi hidangan pembuka yang ringan seperti buah bagi pencernaan Anda. 
  5. Olahraga teratur terutama latihan kekuatan amat diperlukan untuk menghindari kehilangan massa otot yang menjadi penyebab lemas. 
  6. Kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan. Usahakan selalu tidur teratur sepanjang hari agar puasa Anda efektif. 

Perlu digarisbawahi jika puasa apapun itu setiap orang memiliki pedoman yang berbeda. Ketika Anda bertujuan menjaga berat badan, mengurangi asupan kalori jelas hal yang utama. 

Anda tetap harus memperhatikan makanan apa yang Anda makan. Bukan berarti ketika telah berpuasa bisa bebas makanan cepat saji. Kencenderungan ini justru menimbulkan masalah gizi dan kesehatan yang berbanding terbalik dengan tujuan puasa itu sendiri. 

(Foto: dietdoctor)

YesDok Ads