Diet
+1

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Sushi?

June 10, 2022 | Claudia

Sushi

Sushi disukai oleh banyak orang. Rasanya yang enak tak heran bisa menjadi daya tarik bagi siapa saja. Namun sering muncul pertanyaan, bolehkah ibu menyusui makan sushi?

Sushi boleh dikonsumsi saat seorang wanita tengah dalam masa menyusui. Akan tetapi dengan catatan, ada beberapa jenis ikan yang harus dihindari konsumsinya. Ini karena ikan-ikan ini mengandung tinggi merkuri. Meski begitu, ada juga jenis ikan lainnya yang justru bermanfaat karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Sushi aman dikonsumsi saat menyusui, selama sushi disajikan dengan menggunakan ikan berkualitas tinggi dan ikan berasal dari sumber yang terpercaya. Jika sumber ikan tidak jelas, maka sebaiknya hindari konsumsi sushi. Jangan segan untuk menanyakan kepada staf restoran mengenai ikan yang disajikan.

Ikan mentah sebisa mungkin perlu dihindari oleh ibu menyusui, karena ikan mentah mengandung kadar merkuri yang tinggi. Jika ikan mentah tetap dimakan, ini bisa menyebabkan kemungkinan beberapa merkuri mengalir ke bayi melalui ASI.

Meskipun jumlah merkuri yang dapat mencapai ASI sangat sedikit, bayi tetap saja rentan terhadap racun. Merkuri dapat memengaruhi otak dan sistem saraf bayi yang sedang tumbuh.

YesDok Ads

Jika ingin mengonsumsi ikan, pastikan ikan dimasak dengan benar. Ikan yang dimasak menyediakan banyak manfaat kesehatan bagi wanita yang sedang menyusui dan bayi yang disusui. Ikan air dingin misalnya, mengandung tinggi vitamin D dan asam lemak omega 3. Ikan jenis ini juga tinggi protein dan rendah lemak jenuh.

Asam lemak omega-3 dalam ikan, dapat sangat bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan dan juga mendorong perkembangan kognitif dengan baik. The Dietary Guidelines for Americans pada tahun  2015-2020 merekomendasikan bahwa, ibu menyusui setidaknya harus makan 8 ons seafood, termasuk ikan dan kerang, setiap minggunya. 

Jadi, sushi boleh-boleh saja disantap oleh ibu menyusui, asal kualitas ikan tetap terjamin dan berasal dari sumber yang jelas.

(Foto: babycenter.com)

YesDok Ads