0 Point
Telur ikan

Bolehkah Berikan Telur Ikan Untuk Anak?

Sejak si kecil mulai MPASI, Anda dapat mengenalkan berbagai rasa dari berbagai makanan untuk anak. Memberikan berbagai menu untuk baik untuk mengetahui alergi pada anak dan mencegah anak menjadi picky eater seiring bertambahnya usia. Namun terkadang memilih menu untuk si kecil sangat membingungkan dan alhasil si kecil makan yang itu-itu saja.

Salah satu makanan yang wajib Anda sajikan pada si kecil adalah telur ikan. Beberapa jenis ikan yang telurnya sering dikonsumsi diantaranya ikan salmon, ikan herring, ikan sturgeon dan ikan capelin. Mungkin Anda ragu untuk memberikan telur ikan apakah diperbolehkan dikonsumsi anak-anak atau tidak. Jawabannya boleh banget. Apalagi telur ikan sendiri memiliki manfaat dan kandungan yang luar biasa baik.

Telur ikan mengandung banyak nutrisi yakni asam lemak omega-3, protein, zat besi, dan sejumlah vitamin lainnya yang mampu mendukung tumbuh kembang si kecil. Telur ikan juga dapat mendukung kesehatan otak, meningkatkan fungsi memori otak, meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung kecerdasan anak. Meski begitu, Anda tidak boleh berlebihan memberikannya pada anak. Lalu, pilihlah telur ikan yang kualitasnya sangat baik.

Kekhawatiran orang  tua sebelum memberikan telur ikan adalah reaksi alergi yang ditimbulkan oleh telur ikan. Karena telur ikan termasuk makanan laut yang bisa mengandung merkuri dan memicu timbulnya alergi. Padahal makanan laut aman diberikan pada si kecil dan boleh dikonsumsi sejak bayi berusia 6 bulan atau saat MPASI. Tapi jika timbul reaksi alergi segera bawa si kecil ke dokter.

Selain itu, hal yang harus diperhatikan saat memberikan telur ikan pada si kecil  di bawah usia 5 tahun adalah jangan memberikannya dalam kondisi mentah, tidak matang atau setengah matang. Cara mengolah telur ikan yang disarankan  adalah dikukus atau merebusnya. Telur ikan dapat disajikan dengan berbagai macam sayuran dan sumber karbohidrat.

(Foto: True world food NY)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok