Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa? Ini Penjelasannya!

September 07, 2022 | Claudia

Bayi Minum Air Kelapa

Air kelapa dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan kalsium, riboflavin, vitamin C, mangan, kalium, dan magnesium membuat air kelapa menjadi salah satu minuman sehat yang bisa Anda konsumsi. Namun, bolehkah bayi minum air kelapa? Mengingat banyaknya kandungan nutrisi dalam air kelapa yang mungkin bermanfaat untuk bayi.

Memang, tidak salah jika mengatakan air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Sayangnya, air kelapa tidak baik untuk diberikan pada bayi. Bayi, khususnya bayi baru lahir, hanya membutuhkan ASI atau susu formula untuk membantu dan memastikan tumbuh kembangnya tetap berjalan baik.

Namun, ini bukan berarti air kelapa sama sekali tidak boleh diberikan pada bayi. Hanya saja, perhatikan usia bayi saat hendar diberikan air kelapa. Idealnya, bayi baru boleh diberikan air kelapa pada usia 6 bulan atau lebih.

Bahkan menurut American Academy of Pediatrics, air kelapa dapat ditambahkan ke dalam makanan bayi, begitu mereka mulai mengonsumsi asupan makanan yang padat. Akan tetapi, pemberiannya juga hanya boleh dalam takaran kecil, sekitar satu atau dua sendok makan air kelapa. Perhatikan pula, apakah ada reaksi pada si kecil usai meminum air kelapa?

YesDok Ads

Jika bayi tidak tampak mengalami reaksi alergi apa pun saat diberikan air kelapa, maka Anda bisa terus memberikannya air kelapa, meski ingat, tidak perlu dalam jumlah yang banyak. Dalam air kelapa, terkandung senyawa yang disebut sebagai monolaurin, yakni senyawa yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, sehingga meminimalkan risiko infeksi penyakit pada bayi.

Tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ada beberapa manfaat air kelapa lainnya untuk bayi, seperti:

  • Mencegah dehidrasi
  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Menjadi obat alami untuk penyakit demam, pilek, dan flu
  • Menyembuhkan kondisi sembelit, perut kembung, dan sakit maag
  • Mencegah muntah, gangguan pencernaan, dan diare
  • Mengatasi infeksi saluran kemih dan melarutkan batu ginjal
  • Menghilangkan cacing usus
  • Mengurangi kelelahan karena dapat mengisi ulang elektrolit dalam tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat, namun jangan kesampingkan juga efek samping pemberian air kelapa untuk bayi. Misalnya saja timbulnya reaksi alergi. Pada beberapa bayi, air kelapa bisa menyebabkan munculnya gatal-gatal di kulit, ruam kemerahan, hingga masalah pencernaan. Bayo yang memiliki alergi makanan terhadap kacang tanah atau makanan serupa lainnya, berisiko lebih tinggi untuk mengalami alergi pada air kelapa.

(Foto: Freepik)

YesDok Ads