0 Point
Masker

Bolehkah Anak Dibawah 2 Tahun Pakai Masker?

Di era new normal ini, semua orang sudah kembali beraktivitas namun dengan menetapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan menggunakan masker di setiap kegiatan. Penggunaan masker ini diharapkan dapat mencegah penularan virus corona yang hingga saat ini belum juga mereda. Penggunaaan masker untuk orang dewasa memang dianjurkan, lalu bagaimana penggunaan masker untuk anak-anak?

Daya tahan tubuh anak-anak masih sangat rentan berbeda dengan orang dewasa. Itu mengapa anak-anak kemungkinan bisa juga tertular virus yang menyerang saluran pernapasan ini. Penggunaan masker untuk anak dibawah dua tahun tidak dianjurkan oleh WHO. Karena masker untuk anak dibawah dua tahun justru akan mengganggu pernapasannya dan meningkatkan risiko tersedak. Mengingat bayi juga masih memiliki saluran pernapasan yang sempit dan membuat beban organ hati mereka meningkat.

Bahkan bagi orang-orang yang masuk dalam kategori sulit bernapas dan belum bisa melepas masker sendiri tidak dianjurkan menggunakan masker. Tanpa disadari masker dapat membatasi oksigen yang dibutuhkan, sehingga bayi yang belum bisa membuka atau melepas masker sendiri tidak dianjurkan memakainya.

Disisi lain, anak kecil yang belum mengerti penggunaan masker yang tepat. Mereka akan melepas pasang masker sesukanya. Hal ini justru membahayakan si kecil karena bisa saja mereka menyentuh wajahnya setelah menggunakan masker dan berpotensi terinfeksi. Begitu pun dengan penggunaan face shield, sama seperti memakai masker bayi juga tidak disarankan menggunakannface shield.

Meski lebih longgar dari masker, face shield juga berisiko menghalangi keluar masuknya oksigen. Penggunaan masker atau face shield yang dilonggarkan akan mengurangi proteksi. Sedangkan penggunaan masker yang terlalu ketat pun meningkatkan risiko mati lemas. Untuk melindungi si kecil dari virus apapun, sebaiknya jangan membawa si kecil keluar rumah jika tidak ada urusan yang penting. Alih-alih menggunakan masker, si kecil lebih baik berada ditempat yang aman dan jauh dari penyebaran virus corona.

(Foto:  central penn parent)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok