Bisakah Tertular Herpes dari Berciuman?

September 29, 2020 | Helmi

kissing

Virus herpes simpleks (HSV) menyebabkan herpes. Herpes bisa menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit, termasuk ciuman.

Seseorang dapat tertular herpes sebagai akibat dari kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang memiliki virus atau bersentuhan dengan air liurnya. Akibatnya, orang bisa tertular herpes dari berciuman.

Meskipun virus dapat menyebar jika tidak ada gejala yang muncul, virus ini lebih mungkin menyebar saat seseorang mengalami luka.

Jadi, ketika seseorang mengalami luka atau lecet akibat virus, itu dapat dengan mudah menyebar ke orang lain.

Ada dua jenis virus herpes: HSV-1 dan HSV-2. Orang lebih mungkin tertular herpes oral dari HSV-1. Ada kemungkinan tertular HSV-1 dari berciuman atau melakukan seks oral dengan seseorang yang memiliki virus.

Penularan HSV-2 hampir selalu terjadi melalui hubungan seksual, menyebabkan infeksi di sekitar alat kelamin dan anus. Virus ini dapat menyebabkan herpes mulut atau kelamin, tergantung dari mana virus masuk ke dalam tubuh.

Herpes dapat menyebar melalui kontak antara area kulit yang terinfeksi, seperti lepuh, dan area kulit yang rusak. Bisa juga menyebar melalui selaput lendir, seperti alat kelamin atau mulut.

YesDok Ads

Beberapa cara penularan yang umum meliputi: seks vaginal atau anal, seks oral dan berciuman. Kedua jenis virus tersebut dapat menyebar dengan lebih mudah ketika seseorang mengalami luka. Namun, bisa juga menyebar walau tidak ada gejala yang muncul.

Seseorang dapat mencegah penyebaran herpes dengan menghindari jenis kontak tertentu. Misalnya, ketika seseorang mengalami wabah herpes - di mana mereka akan memiliki gejala yang nyata - mereka harus menghindari: berciuman, dan segala bentuk kontak lisan, melakukan seks oral, dan berbagi benda yang telah bersentuhan dengan air liur, melakukan hubungan seks vaginal atau anal (jika gejala herpes ada di sekitar alat kelamin).

Virus juga bisa menyebar meski seseorang tidak menunjukkan gejala. Menggunakan kondom dan metode penghalang lainnya dengan benar selama aktivitas seksual dapat membantu mengurangi kemungkinan penularan herpes.

Namun, tidak sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan penularan, karena metode penghalang tidak melindungi seluruh area di sekitar alat kelamin.

Orang juga dapat menggunakan obat anti-herpes untuk membantu mencegah penularan ke pasangan seksual/ Siapa pun yang menderita herpes selama kehamilan harus berbicara dengan dokter mereka tentang kemungkinan menularkannya ke bayi.

(Foto: Freepik)

YesDok Ads