0 Point
Makanan yang dibawa pulang

Bisakah COVID-19 Menyebar Melalui Makanan Take Away?

Organisasi kesehatan seperti WHO dan CDC terus menyarankan seluruh warga dunia untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan di lingkungan mereka. 

Hal tersebut dilakukan karena coronavirus dapat berpundah melalui fomites, yaitu merupakan objek di mana tetesan udara yang terinfeksi dapat menetap dan menular ke manusia ketika mereka menyentuh benda dan kemudian mereka menyentuh mata, hidung atau mulut.

Fomites dapat menempel dimana saja mulai dari koran, gagang pintu, meja atau kursi. Pertanyaan yang meresahkan banyak orang adalah apakah makanan yang dibawa pulang atau takeaway yang dibeli dari sebuah restoran dapat bertindak sebagai fomite dan menyebarkan infeksi?

Menurut WHO, sangat tidak mungkin seseorang tertular COVID-19 dari makanan. Namun, ada beberapa kekhawatiran bahwa paket makanan dapat bertindak sebagai fomite dan menyebarkan infeksi. 

Hal itu bisa terjadi ketika orang positif COVID-19 lalu batuk atau bersin pada paket makanan dan orang lain secara tidak sengaja menyentuh paket tersebut dan kemudian mereka menyentuh mata atau mulut.

Organisasi kesehatan dan industri makanan saat ini telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang cukup dan memastikan pemeriksaan kesehatan sehari-hari para pekerjanya sehingga meminimalisir penularan melalui paket makanan.

Selain itu, di banyak negara, pemilik toko mempertahankan aturan jarak sosial dan tidak mengizinkan pelanggan datang tanpa masker.

Menurut penelitian, COVID-19 dapat hidup di plastik dan stainless steel hingga 72 jam, sementara pada tembaga selama empat jam dan 24 jam pada kardus.

Mengapa Penyebaran Melalui Makanan Rendah?

Ada beberapa faktor kemungkinan penyebaran COVID-19 melalui makanan sangat kecil.

Diantaranya adalah makanan tidak bertindak sebagai tempat berkembang biaknya virus, tidak seperti bakteri, dan karena tidak dapat berkembang biak di permukaan tetapi dapat hinggap selama beberapa jam saja. 

Berikut Tips Untuk Membersihkan makanan take away diantaranya adalah Cuci kotak, kaleng atau botol sebelum menyimpannya. 

Cuci buah dan sayuran dalam air mengalir selama 20 detik dan keringkan sebelum disimpan. Setelah membersihkan sayuran, cuci tangan anda dan Ganti pakaian setelah berbelanja.

(Foto : freepik)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok