Bisa Memicu Asam Lambung, Hindari Beberapa Sayuran Berikut Ini

November 14, 2022 | Iman

sayuran yang menyebabkan asam lambung

Asam lambung bisa kambuh kapan saja dan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, sehingga akan lebih baik jika Anda segera melakukan pemeriksaan saat merasakan gejala yang tidak biasa.

Perlu diketahui, ada beberapa sayuran penyebab asam lambung yang perlu dihindari oleh penderita asam lambung. Berikut adalah sayuran tersebut.

Kol dan Brokoli

Sayuran pemicu asam lambung yang pertama adalah kol karena dapat menyebabkan terciptanya gas dalam lambung. Dengan begitu, asam lambung akan mengalami peningkatan dan naik hingga ke kerongkongan. 

Hal ini juga dikarenakan kol termasuk makanan yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan karena mengandung rafinosa, sehingga sulit dicerna bakteri saat melewati usus besar. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi kol saat penyakit lambung sedang kambuh.

Kubis

Kubis sering kali dijadikan sebagai sayuran pendamping nasi. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata kubis menjadi salah satu sayuran pemicu asam lambung?

Ya, hal ini dikarenakan kubis memiliki kandungan fruktosa tinggi gula yang dapat memicu lambung menghasilkan lebih banyak gas.

Selain itu, kandungan serat dalam kubis cukup tinggi sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Bagi penderita asam lambung, akan lebih baik jika mengonsumsi kubis dengan memasaknya terlebih dulu.

YesDok Ads

Efek yang dirasakan oleh penderita asam lambung setelah mengonsumsi kubis bisa jadi kembung atau sering buang gas. 

Seledri

Sayuran pemicu asam lambung selanjutnya adalah seledri. Sama halnya dengan brokoli, seledri juga termasuk sayuran yang menghasilkan gas dalam perut.

Apabila produksi gas di dalam perut berlebihan, maka akan menimbulkan gejala seperti mual dan nyeri.

Maka dari itu, apabila Anda memiliki riwayat asam lambung atau sedang kambuh, lebih baik mengurangi atau bahkan menghindari sayuran ini.

Sawi

Sawi merupakan sayuran yang sering menjadi pilihan masyarakat Indonesia sebagai masakan sehari-hari.

Selain mudah ditemukan, sawi bisa diolah menjadi berbagai menu makanan. Namun, dibalik itu semua, rupanya sawi termasuk salah satu sayuran pemicu asam lambung lho.

Sama halnya dengan sayuran lain, sawi berpotensi menghasilkan gas yang berlebih dalam lambung dan dapat menyebabkan mual bagi pengidap asam lambung.

YesDok Ads