Bisa Jadi Obat Infeksi, Kunyit Sebagai Antibiotik Alami

June 18, 2022 | Aqiyu

Bisa Jadi Obat Infeksi, Kunyit Antibiotik Alami

Mungkin Sebagian besar orang sudah tidak asing dengan obat antibiotic. Pada umumnya, antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi bakteri atau parasit tertentu. Penggunaan obat antibiotik tidak boleh sembarangan. Karena jika salah penggunaan, bakteri  bisa kebal oleh antibiotik dan mempersulit proses penyembuhan, selain dari obat-obatan, antibiotika juga bisa didapatkan dari bahan alami seperti kunyit.

Kunyit adalah bumbu dapur yang sudah ditemukan dan harganya terjangkau. Siapa sangka jika bahan yang biasanya digunakan untuk bumbu kuning masakan ini ternyata ampuh pula menjadi antibiotic alami. Kunyit memiliki kandungan bernama kurkumin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurkumin  Sudah terbukti dapat membunuh semua bakteri seperti staphylococcus aureus, Escherichia coli, enterococcus faecalis dan pseudomonas aeruginosa hanya dalam waktu dua jam.

Kurkumin pada kunyit ini dimanfaat sebagai antioksidan dan anti-inflamasi serta menangkal radikal bebas. Selain dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang memicu berbagai penyakit, kunyit juga dapat menghambat jamur dan menekan pertumbuhan tumor pada tingkat sel.  Bahkan kunyit ini mampu menghentikan rasa sakit, pembengkakan hingga meningkatkan penyembuhan pada jaringan kulit yang rusak. 

YesDok Ads

Zat kurkumin juga dapat mengendalikan ketidakseimbangan dalam proses inflamasi jaringan. Menghancurkan molekul bakteri yang berbahaya bagi tubuh, menciptakan perlindungan terhadap patogen yang menyebabkan infeksi. Kunyit juga memiliki khasiat terapeutik yang jumlahnya tidak terhitung untuk melawan berbagai penyakit. Berikut ini cara memanfaatkan kunyit sebagai antibiotik alami yang bisa dibuat dirumah ramuan madu dan kunyit.

Kombinasi maut antara kunyit dan madu sudah tidak perlu diragukan lagi. Kedua bahan tersebut memiliki khasiat antibiotik dan antivirus yang membantu meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh. Cara membuatnya, tuangkan empat sendok makan madu organic ke gelas dan tambahkan bubuk kunyit. Lalu aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata, tutup rapat dan diamkan sepanjang makan. Obat alami ini dapat diminum satu sendok setiap hari saat perut dalam keadaan kosong.

(Foto: healthline)

YesDok Ads