Bisa Berbahaya, Ini Tanda-tanda Anak Mengalami Alergi Susu

June 15, 2022 | Helmi

alergi susu ilustrasi

Alergi susu merupakan respon abnormal oleh sistem kekebalan tubuh terhadap susu dan produk yang mengandung susu. Ini adalah salah satu alergi makanan yang paling umum pada anak-anak. 

Susu sapi adalah penyebab umum alergi susu, tetapi susu dari domba, kambing, kerbau, dan mamalia lain juga dapat menyebabkan reaksi.

Reaksi alergi biasanya terjadi segera setelah anak Anda mengonsumsi susu. Tanda dan gejala alergi susu berkisar dari ringan hingga parah dan dapat mencakup muntah, gatal-gatal, dan masalah pencernaan. Alergi susu juga dapat menyebabkan anafilaksis - reaksi parah yang mengancam jiwa.

Menghindari susu dan produk susu adalah pengobatan utama untuk alergi susu. Untungnya, kebanyakan anak dapat mengatasi alergi susu. Mereka yang tidak bisa mengatasinya mungkin perlu terus menghindari produk susu.

Gejala

Gejala alergi susu bisa berbeda dari orang ke orang, terjadi beberapa menit hingga beberapa jam setelah anak Anda minum susu atau makan produk susu. Tanda dan gejala langsung dari alergi susu mungkin termasuk:

  • Rasa gatal atau kesemutan di sekitar bibir atau mulut
  • Pembengkakan pada bibir, lidah atau tenggorokan
  • Batuk atau sesak nafas

Tanda dan gejala yang mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk berkembang meliputi:

  • Kotoran encer atau diare, yang mungkin mengandung darah
  • Kram perut
  • Pilek
  • Mata berair
  • Kolik, pada bayi

Alergi susu yang sebenarnya berbeda dari intoleransi protein susu dan intoleransi laktosa. Tidak seperti alergi susu, intoleransi tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh. Intoleransi susu memerlukan perawatan yang berbeda dari alergi susu yang sebenarnya.

YesDok Ads

Tanda dan gejala umum dari intoleransi protein susu atau intoleransi laktosa termasuk masalah pencernaan, seperti kembung, gas atau diare, setelah mengonsumsi susu atau produk yang mengandung susu.

Alergi susu dapat menyebabkan anafilaksis, reaksi yang mengancam jiwa yang mempersempit saluran udara dan dapat menghalangi pernapasan. Susu adalah makanan ketiga yang paling umum – setelah kacang tanah dan kacang pohon – yang menyebabkan anafilaksis.

Jika anak Anda memiliki reaksi terhadap susu, beri tahu dokter Anda, tidak peduli seberapa ringan reaksinya. Tes dapat membantu memastikan alergi susu, sehingga Anda dapat menghindari reaksi yang lebih buruk di masa depan dan berpotensi lebih buruk.

Anafilaksis adalah keadaan darurat medis dan memerlukan perawatan dengan suntikan epinefrin (adrenalin) (EpiPen, Adrenaclick, lainnya) dan perjalanan ke ruang gawat darurat. Tanda dan gejala mulai segera setelah konsumsi susu dan dapat meliputi:

  • Penyempitan saluran udara, termasuk tenggorokan bengkak yang membuat sulit bernafas
  • wajah memerah
  • Gatal
  • Syok, dengan penurunan tekanan darah yang nyata

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter atau ahli alergi jika anak Anda mengalami gejala alergi susu sesaat setelah mengkonsumsi susu. Jika memungkinkan, temui dokter Anda selama reaksi alergi untuk membantu dokter membuat diagnosis. Cari perawatan darurat jika Anda atau anak Anda mengalami tanda atau gejala anafilaksis.

Tidak ada cara pasti untuk mencegah alergi makanan, tetapi Anda dapat mencegah reaksi dengan menghindari makanan yang menyebabkannya. Jika Anda tahu Anda atau anak Anda alergi susu, hindari susu dan produk susu.

YesDok Ads