Berusia 50 Tahun Keatas? Hindari Makanan-makanan Berikut Ini

April 09, 2020 | Helmi

lansia

Tak dapat dipungkiri jika makanan apa yang kita makan turut ambil bagian dalam kesehatan. Makanan yang mengandung gizi baik akan berimbas positif pada kesehatan tubuh. Sebaliknya, makanan berminyak misalnya, meningkatkan risiko Anda terkena penyakit.

Selain makanan, usia juga memiliki peran penting pada kesehatan. Kedua faktor ini saling memiliki keterkaitan. Anda yang memasuki usia lanjut sebaiknya lebih berhati-hati terhadap apa yang Anda makan.

Pasalnya, banyak makanan yang dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi, bagi Anda yang berusia 50 tahun ke atas.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari kala memasuki usia 50-an.

Gorengan

Ini harus dilakukan karena makanan berminyak dikaitkan dengan kolesterol tinggi dan gagal jantung. Minyak di dalamnya juga biasanya tidak sehat sehingga meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Sebagai alternatif, cobalah memanggang makanan Anda daripada menggorengnya karena itu adalah pilihan yang lebih sehat yang bahkan dapat diterapkan pada sayuran.

Daging Olahan

YesDok Ads

Ini termasuk bacon, dan sosis. Yang lebih parah, adalah bahwa mereka biasanya disajikan sebagai makanan gorengan, yang sebelumnya juga sudah dipenuhi dengan lemak jenuh yang menyumbat arteri.

Dengan demikian, jenis makanan ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Tetapi jika Anda masih ingin memakannya sesekali, kami sarankan untuk makan dalam porsi yang lebih kecil.

Protein Bar

Produk-produk semacam ini kebanyakan hanya permen yang diisi dengan gula dan kalori, dan Anda lebih baik mendapatkan protein sebenarnya dari makanan sehat yang sebenarnya seperti ikan, buah-buahan dan sayuran.

Steak

Sulit tentunya untuk menolak sajia steak yang dimasak dengan baik. Sayangnya, steak juga merupakan salah satu makanan paling yang tidak begitu disarankan bagi Anda yang berusia 50-an.

Dengan demikian, beralihlah ke potongan yang lebih ramping jika Anda masih ingin makan steak. Pastikan untuk tidak berlebihan memakannya.

(Foto: Academy of Nutrition)

YesDok Ads