Bersihkan Wajah Anda dengan Kebaikan Bahan-bahan Alami Ini!

July 03, 2019 | Claudia

Siapa yang masih malas membersihkan wajah? Maka Anda harus bersiap juga dengan risiko segala masalah kulit yang mungkin datang! Membersihkan wajah merupakan salah satu langkah mendasar dalam rutinitas perawatan kulit, alias skincare routine.

Setiap harinya, kulit kita terpapar dengan kotoran, debu, polusi, bahan kimia, dan lain-lain yang harus segera dibersihkan sebelum menimbulkan berbagai masalah. Terlebih bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, kotoran yang menumpuk akan menyumbat pori-pori dan jika terakumulasi dengan minyak di kulit, maka masalah jerawat sudah tidak akan terelakkan lagi.

Untuk membersihkan kulit, maka dibutuhkan produk pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda. Saat ini, sudah banyak sekali produk pembersih wajah yang tersedia di pasaran. Sayang, bahan kimia di dalamnya tak pelak bisa menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan, seperti iritasi, alergi, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin membersihkan wajah tanpa khawatir akan efek sampingnya, maka pembersihan wajah dengan bahan-bahan alami ini sangat direkomendasikan. Mulai dari kulit normal hingga berminyak, berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah Anda:

Stroberi dan yoghurt

Ambil 2 buah stroberi segar dan tambahkan 2 sendok teh yoghurt. Campurkan keduanya dalam sebuah mixer, setelahnya oleskan ke wajah Anda dan pijat secara lembut. Biarkan 5-7 menit kemudian bilas dengan air bersih. Pembersih alami ini dapat menyingkirkan minyak berlebih dan sebum dari wajah.

Aspirin dan tanah liat

YesDok Ads

Ya, Anda tidak salah lihat, tanah liat memang menjadi salah satu pembersih terbaik untuk semua jenis kulit. Tanah liat dapat menyerap kelebihan minyak dan kotoran serta menyegarkan juga menenangkan segala iritasi di kulit. Sementara aspirin terkenal dengan sifat anti-bakteri juga anti-inflamasi-nya.

Pembersih ini tidak hanya membersihkan wajah namun juga membantu Anda dalam menumpas jerawat. Campurkan dua sendok teh tanah liat dengan 2-3 butir aspirin yang telah dihancurkan. Tambahkan sedikit air untuk membuatnya menjadi pasta yang kental. Aplikasikan ke wjah dan biarkan selama 10 menit sampai mengering kemudian bilas dengan air dingin.

Telur dan madu

Campur 1 butir kuning telur dengan 1 sendok teh madu alami. Tumbuk hingga halus 6-7 butir almond dan tambahkan ke campuran telur dan madu. Aduk hingga merata dan oleskan campuran ini ke seluruh wajah, biarkan selama 10-15 menit hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

Lemon dan nanas

Campur 2 sendok teh jus nanas dan tambahkan dengan 2 sendok teh perasan lemon. Setelahnya tambahkan juga 1 sendok teh baking soda lalu aduk hingga merata dan menjadi sebuah pasta kental. Oleskan campuran ini disertai dengan pijatan yang halus pada wajah Anda. Setelah 5 menit, bilaslah dengan air dingin.

(Foto: adorebeauty.com.au)

YesDok Ads