Bersepeda, Berapa Lama Idealnya yang Perlu Diraih untuk Tetap Bugar

July 04, 2020 | Iman

Bersepeda

Bersepeda kembali populer dan mendapat perhatian di masa pandemi. Dapat dilakukan sendirian dan jaga jarak aman, bersepeda dikatakan aman jika dibandinkan olahraga lainnya.

Mengendarai sepeda juga meningkatkan suasana hati dan memberi Anda energi. Dibanding olahraga kardio lain, bersepeda cenderung lebih ringan. Oleh karenanya diperlukan intensitas yang lebih berat. Jadi, berapa banyak idealnya yang harus satu siklus setiap minggu untuk tetap bugar? 

Kembali pada Tujuan Anda

Hal pertama, tanya dalam hati dan perbaiki tujuan Anda. Tentu ini akan membantu Anda tetap fokus dan energik. Tetapkan tujuan kecil dan realistis. Jika Anda bukan atlet dan tujuan Anda hanya tetap bugar, maka Anda tidak perlu banyak mengayuh sepeda setiap hari. Aturan dasarnya adalah bersepeda untuk jarak pendek, tetapi teratur lebih ideal. Para ahli menyarankan bahwa sesi pelatihan singkat tetapi teratur lebih efektif daripada sesi panjang yang jarang.

Kelola Waktunya

Orang dewasa berusia antara 18 hingga 64 tahun harus melakukan aktivitas fisik intensitas sedang dua kali dalam seminggu. Jika Anda suka bersepeda, para ahli menyarankan agar Anda juga dapat melakukannya 30 hingga 45 menit setiap hari.

Ada variasi sesi pelatihan bersepeda untuk dipilih. Jika tujuan Anda adalah tetap fit, maka dapat tertutupi dengan beberapa variasi berikut:

-Bersepeda Jauh 60 menit atau Lebih

Coba kayuh sepeda dengan ringan tetapi jarak yang ditempuh lebih jauh. Lakukan selama lebih dari 60 menit. Intensitas ringan adalah dimana Anda masih dapat mengatur napas dengan mudah selama melakukan aktivitas.

YesDok Ads

Berfokuslah pada mengayuh dan beristirahat selama beberapa menit di antara minum air dan makan sesuatu. Perjalanan ini akan melatih tubuh Anda untuk membakar bahan bakar secara efisien dan akan membantu mempertahankan postur tubuh yang baik. 

-Bersepeda di Bukit Selama 30 hingga 60 menit

Naik di medan berbukit bisa jadi sulit, jadi jalan lambat. Kayuh sepeda dengan kecepatan normal selama sepuluh menit (untuk pemanasan) sebelum kemudian berada di medan menanjak.

Saat melakukan sesi ini, Anda perlu berlatih mengatur napas. Cobalah mengendarai sepeda dengan langkah cepat setidaknya selama 20 menit. Wahana semacam itu akan membantu meningkatkan efisiensi otot Anda. 

-Bersepeda Kencang Selama 30-60 menit

Bersepeda dengan kayuhan yang lebih cepat dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan melatih jantung. Selama sesi ini Anda harus mengayuh pedal lebih keras, tetapi untuk interval waktu singkat. 

Mulailah dengan sesi pemanasan sepuluh menit dan kemudian naikkan kayuhan sepeda dengan langkah cepat. Kayuh cepat selama beberapa menit dan beristirahat dengan kayuhan santai, ulangi kembali sesuai tujuan Anda.

(Foto: bcycling.com)

YesDok Ads