Berolahraga Memberi Manfaat Pada Otak, Apa Saja?

January 15, 2020 | Helmi

kesehatan otak

Banyak orang di luar sana berolahraga hanya untuk tubuh yang sehat, tetapi sedikit yang mereka tahu bahwa manfaat olahraga tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik yang lebih baik tetapi juga kesehatan mental.

Menurut sebuah penelitian, olahraga sangat efektif dalam mengurangi tanda-tanda depresi besar karena efek positifnya pada tubuh dan juga diakui sebagai antidepresan utama yang menunda kematian.

Olahraga membantu mengatur hormon-hormon penting di otak yang berkontribusi pada peningkatan daya ingat dan konsentrasi, peningkatan fungsi kognitif, tidur yang lebih baik dan pada akhirnya, peningkatan kesehatan otak secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapat dari berolahraga bagi otak

Meningkatkan suasana hati

Menurut sebuah penelitian, olahraga menyebabkan perubahan langsung dalam tingkat hormon seperti dopamin dan serotonin yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan bahagia kepada orang tersebut.

Meningkatkan kualitas tidur 

Menurut sebuah penelitian, 150 menit latihan mingguan membantu seseorang untuk mendapatkan tidur yang lebih baik dengan mengurangi tingkat stres dan kecemasan mereka. Oleh karena itu, orang dengan insomnia sering disarankan untuk melakukan olahraga guna meningkatkan kualitas tidur.

YesDok Ads

Mengurangi stres dan kegelisahan 

Latihan membantu mengatur jenis hormon khusus yang disebut endocannabinoid yang membantu mengurangi kecemasan dan stres serta memicu perasaan bahagia dalam diri seseorang. Studi lain juga mengatakan bahwa pasangan yang berolahraga bersama lebih bahagia dan puas.

Melindungi terhadap penyakit degeneratif 

Menurut sebuah penelitian, berolahraga setiap hari mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti demensia dan Alzheimer dengan meningkatkan aliran darah di otak, yang selanjutnya membantu otak berfungsi dan tumbuh dengan baik.

Meningkatkan kognisi 

Menurut sebuah penelitian, latihan fisik adalah modulator gen yang kuat yang menyebabkan perubahan otak fungsional dan struktural untuk fungsi kognitif yang lebih baik bagi kesejahteraan seseorang.

(Foto: Boldsky)

YesDok Ads