Bernyanyilah dan Rasakan Manfaatnya

October 14, 2019 | Claudia

Tak perlu menjadi seorang penyanyi, hanya untuk mendapatkan manfaat dari bernyanyi. Ya, siapapun pastinya senang menyenandungkan lirik lagu favoritnya, entah itu di kamar mandi, ruang karaoke, mobil, kamar tidur, dan di mana pun itu. Nyatanya selain membuat hati senang, bernyanyi juga memiliki sejumlah manfaat lain terkait kesehatan tubuh.

Jika Anda merasa bosan, sedih atau penat, cobalah dengarkan lagu favorit kalian, dan ikutlah menyanyikan liriknya, sehingga Anda bisa merasakan manfaat-manfaat ini:

Meredakan stres

Menyanyikan lagu favorit dapat meningkatkan pelepasan hormon oksitosin dan endorfin. Meningkatnya pelepasan kedua hormon ini juga dibarengi dengan menurunnya tingkat hormon stres, kortisol. Jadi manakala Anda sedang stres, coba cari lagu favorit Anda dan mulailah bernyanyi.

Meningkatkan suasana hati

Masuknya oksigen ke dalam darah saat bernyanyi akan memberikan sinyal pada otak untuk melepaskan zat kimia yang dapat meningkatkan suasana hati. Ini merupakan efek yang sama seperti ketika Anda tengah mengonsumsi cokelat kesayangan Anda.

Meremajakan sel-sel dalam tubuh

YesDok Ads

Saat Anda mulai bernyanyi, ini dapat membantu memperlancar sirkulasi dalam tubuh. Selain itu, bernyanyi juga dapat meremajakan otot-otot yang terletak di area perut dan diafragma Anda.

Meningkatkan stamina

Memiliki hobi bernyanyi di kamar mandi rupanya bukanlah hal yang buruk. Meski terdengar sepele, nyatanya kegiatan ini mampu menambah stamina dan energi Anda, sehingga membuat Anda lebih bersemangat untuk beraktivitas.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Bernyanyi juga dapat meningkatkan immunoglobulin A, yang bertugas untuk membunuh sel yang berbahaya bagi tubuh. Ini selanjutnya juga bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi-infeksi ringan yang kerap mengganggu.

(Foto: thesingerscorner.com)

YesDok Ads