Berjalan Kaki 2 Menit Setelah Makan Berdampak Baik bagi Penderita Diabetes, Ini Alasannya!

September 11, 2022 | Kaifia

Diabetes

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi medis ketika gula darah Anda melampaui batas normal. Pada kasus ini, terlalu banyak gula darah yang beredar di aliran darah sehingga bisa menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah, saraf dan kekebalan tubuh. 

Eating Well melansir bagi penderita pra diabetes atau diabetes tipe 2, resistensi insulin dapat berdampak buruk pada kerusakan sistem tetapi menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal bisa bermanfaat secara signifikan bagi kesehatan tubuh Anda. 

Berjalan kaki hanya dalam 2 menit dengan intensitas ringan dapat menurunkan kadar gula darah dan secara signifikan, terutama ketika Anda berjalan setelah makan memiliki kaitan yang kuat dengan kenaikan dan penurunan kadar gula darah secara bertahap.

Bagaimana berjalan kaki bisa menurunkan kadar gula darah?

Dari artikel yang dilansir oleh Eating Well, “Saat Anda makan, tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula darah,” dikutip oleh Angie Asche, M.S., RD, CSSD, ahli diet dan pemilik Eleat Sports Nutrition di Lincoln, Nebraska. Ia juga menambahkan bahwa berjalan dan jenis olahraga lainnya dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang dimana membuat tubuh kita menjadi lebih efisien dalam mengelola gula darah.

YesDok Ads

Otot-otot tubuh meminta tubuh kita untuk bahan bakar untuk berjalan yang mengarah pada penurunan gula darah.

Sebuah meta analisis dari tujuh penelitian yang dilansir oleh prevention.com, diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine, meneliti dampak duduk dalam jangka waktu lama dibandingkan dengan jalan kaki dengan intensitas ringan atau berdiri pada penanda kesehatan kardiometabolik. 

Peserta studi ditempatkan dalam kelompok berjalan dan diinstruksikan untuk berjalan kaki selama 2-5 menit setiap 20 hingga 30 menit selama sehari. 2 dari 7 studi termasuk peserta dengan dan tanpa diabetes sementara 5 sisanya termasuk peserta tanpa riwayat diabetes. Para peneliti menemukan bahwa beberapa menit berjalan kaki dalam intensitas rendah bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Berjalan kaki dalam waktu 60 hingga 90 menit setelah makan dikaitkan dengan perubahan kadar gula darah yang lebih bertahap jika dibandingkan dengan duduk atau berdiri. Hal ini penting bagi mereka yang memiliki prediabetes atau jenis diabetes lainnya yang ingin menghindari perubahan gula darah yang fluktuatif dan ekstrem.

YesDok Ads