Berikan Ini saat Anak Terserang Batuk

January 14, 2020 | Claudia

Batuk pada anak

Saat terserang batuk, pasti seseorang akan merasa tidak nyaman dan sering juga menyebabkan kelelahan akibat batuk yang tak kunjung mereda. Jika orang dewasa saja sering tersiksa dan kesulitan untuk mengontrol batuk yang dialaminya, bagaimana dengan anak-anak?

Anak-anak cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah dibanding orang dewasa. Inilah mengapa mereka rentan untuk mengalami batuk, pilek, dan flu. Meski sebagai orang tua kita selalu menginginkan anak kita untuk tetap sehat, namun akan mustahil rasanya untuk mengisolasi dirinya dari berbagai kegiatan agar ia tak terkena penyakit.

Menjaga kesehatan anak, bukan berarti melarang dirinya untuk bermain di luar ruangan. Terpapar oleh bakteri tak sepenuhnya merugikan, karena ini juga bisa mengasah kekebalan tubuh mereka untuk bekerja optimal. Untuk itu, orang tua harus lebih tanggap mengenai apa-apa saja yang bisa membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh anak mereka.

Saat anak terinfeksi bakteri atau virus, orang tua harus segera mengatasinya dengan pengobatan yang tepat. Saat anak terserang batuk, orang tua bisa memberinya pengobatan alami terlebih dulu sebagai pengobatan pertama untuk mengatasi infeksi yang diderita anak.

Namun, bila batuk tak juga kunjung mereda setelah 5 hari lamanya, maka penting untuk segera membawa anak ke dokter untuk mengetahui diagnosis dan pengobatan yang tepat bagi si buah hati. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi YesDok untuk mengetahui diagnosis awal dari apa yang diderita anak Anda, sembari meminta saran pada dokter yang bertugas mengenai pemberian pengobatan alami yang akan Anda lakukan.

Berikut ini beberapa rekomendasi pengobatan alami yang baik untuk diberikan pada anak saat terserang batuk:

Sup ayam

YesDok Ads

Sup ayam merupakan salah satu makanan andalan yang sangat baik untuk diberikan saat anak sakit, termasuk saat ia terserang batuk. Tak hanya menjadi energi, sup ayam juga bisa menjadi asupan nutrisi yang tepat untuk membantu mengatasi batuk dan pilek yang dialami oleh anak.

Dilengkapi dengan sederet nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan kalori yang sehat, sup ayam bisa menjadi sumber energi yang baik bagi anak yang mengalami kelemahan akibat sakit yang dideritanya. Tak hanya itu, sifat anti-inflamasi dan antioksidan dalam sup ayam juga bisa diandalkan untuk melawan infeksi virus. Mengonsumsi sup ayam juga membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir, sehingga membantu melegakan pernapasan yang tersumbat pada anak. Memberikan semangkuk sup ayam setiap hari selama anak terserang batuk dapat membantu meredakan nyeri di dada.

Teh lemon, madu, dan jahe

Sifat antihistamin dan efek menenangkan yang terdapat di dalam jahe, dapat membantu meredakan iritasi di tenggorokan saat anak terserang batuk. Selain itu, jahe juga bisa menjadi dekongestan yang baik, yang dapat melepaskan lendir yang menyumbat dan meningkatkan sirkulasi. Tambahkan madu dan beberapa tetes jus lemon ke dalam secangkir air panas dan aduk semua bahan hingga merata. Setelahnya, masukkan empat hingga lima potong jahe ke dalamnya.

Bawang putih

Sifat antioksidan, antibakteri, antivirus dan antimikroba, yang terkandung dalam bawang putih, menjadikannya sebagai bahan alami yang baik untuk membantu mengatasi masalah batuk pada anak. Bawang putih yang dihancurkan atau dicincang bersama dengan beberapa cengkeh dapat melepas zat kimia yang disebut allicin. Allicin sangat efektif untuk membantu mengusir rasa sakit di tenggorokan yang terjadi akibat batuk dan pilek.

(Foto: verywellhealth.com)

YesDok Ads