Sexuality
Adult
+1

Berhubungan Seksual Setiap Hari, Bolehkah?

January 02, 2022 | Aqiyu

berhubungan intim

Setiap pasangan suami istri tentu memiliki frekuensi berhubungan seksual yang berbeda-beda. Ada yang rutin melakukannya, namun ada pula yang jarang. Lalu, bolehkan berhubungan seksual setiap hari bagi kesehatan?

Sebenarnya tidak ada batasan dan acuan frekuensi mengenai berhubungan seksual. Anda dan pasangan dapat melakukannya setiap hari dan tetap mendapatkan manfaat baik bagi kesehatan. Sebab, saat berhubungan intim tubuh melepaskan banyak neurotransmitter dan neurohormon. Sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan dapat mengubah mood. Hal ini hormon dopamin dan oksitosin.

Manfaat lainnya dari berhubungan seksual setiap hari adalah menurunkan stres, meningkatkan mood dan suasana hati, meningkatkan kualitas kehidupan seksual serta gairah seks. Bahkan seks rutin setiap hari diyakini dapat memperbaiki keintiman Anda dan pasangan dalam pernikahan. Apalagi bagi Anda yang sudah lama menikah dan membutuhkan percikan-percikan gairah untuk menjaga keharmonisan.

Stres kronis dapat menyebabkan frekuensi seks yang lebih rendah. Dengan melakukan seks setiap hari dapat menjadi cara efektif untuk mengelola stres. Seksual dapat mengurangi hormon pemicu stres seperti hormon kortisol dan adrenalin. Seks yang dilakukan rutin juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas tidur, membuat tidur lebih nyenyak dan membuat Anda lebih produktif.

YesDok Ads

Hal penting lainnya terkait seks rutin setiap hari adalah dapat meningkatkan sistem imunitas. Jika kekebalan tubuh Anda terjaga maka Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa pasangan yang rutin melakukan hubungan seksual dapat menurunkan kemungkinan terkena pilek atau flu.

Selain itu, jurnal European Urology mengatakan seks dapat mengurangi risiko proa terkena kanker prostat. Diketahui pria yang merasakan klimaks minimal 21 kali per bulan memiliki peluang yang lebih rendah untuk mengidap kanker prostat.

(Foto: times of india)

YesDok Ads