Sexuality
Adult
+1

Berhubungan Intim Setelah Suntik KB, Amankah?

July 25, 2021 | Aqiyu

aman kah?

Banyak wanita yang memilih menggunakan KB sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Salah satu jenis KB yakni KB suntik satu atau tiga bulan. KB suntik mengandung hormon buatan atau progestin yang mirip dengan progesteron alami yang diproduksi oleh indung telur.

Cara kerja KB suntik adalah dengan menghentikan indung telur untuk melepaskan sel telur (ovulasi) tiap bulannya. Hormon progestin tersebut dapat menebalkan lendir pada leher rahim. Sehingga menyulitkan sperma untuk masuk dan mencapai sel telur.

Untuk suntik KB tidak ada waktu khusus, dengan kata lain dapat dilakukan kapan saja bahkan saat menstruasi. Namun tidak diperbolehkan saat keadaan hamil.  

Meski sudah suntik KB, apakah boleh langsung berhubungan intim?

Sebaiknya Anda yang menggunakan KB suntik tidak langsung berhubungan seks dengan suami agar KB optimal bekerja. Untuk mendapatkan efek proteksi, suntik KB membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu. Tubuh membutuhkan waktu untuk menyerap hormon buatan tersebut.

YesDok Ads

Jika belum seminggu penuh, sebaiknya Anda dan suami menggunakan kondom sementara untuk mencegah “kebobolan”. Setelah lewat dari sepekan usai suntik KB, Anda dapat berhubungan intim tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Efek samping suntik KB

Efek samping yang ditimbulkan dari KB suntik pada umumnya adalah perubahan siklus menstruasi. Efeknya berbeda-beda, ada yang mengalami pendarahan tidak teratur hingga munculnya flek. Bahkan ada yang berhenti menstruasi dan menstruasi kembali setelah menghentikan KB suntik. Setelah berhenti suntik KB pun kemungkinan Anda tidak langsung menstruasi hingga satu tahun dan kembali hamil. Itu mengapa, bagi Anda yang merencanakan kehamilan dalam tahun yang sama tidak dianjurkan menggunakan suntik KB.

Namun, suntik KB ramah bagi ibu menyusui. Sebab, suntik KB tidak mengandung hormon estrogen dan tidak akan memengaruhi produksi ASI. Suntik KB juga tidak memengaruhi obat-obatan yang Anda konsumsi, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya saat melakukan pengobatan tertentu.

YesDok Ads