Sexuality
Adult
+1

Berdarah Setelah Berhubungan Seksual? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

July 30, 2021 | Helmi

berdarah setelah seks

Melihat adanya darah di seprai setelah berhubungan seks, mungkin akan mengganggu mood Anda. Meskipun mungkin bukan bagian seks yang normal, namun kondisi ini kerap terjadi

"Pendarahan selama atau setelah berhubungan seks yang tidak terkait dengan siklus menstruasi terjadi pada sekitar 6% hingga 10% wanita," kata Rachel Bowman, MD, asisten profesor di Departemen Kesehatan Wanita di The Dell Medical School di University of Texas di Austin.

Berikut adalah sejumlah alasan mengapa Anda mungkin mengalami pendarahan setelah berhubungan seks.

Mungkin Disebabkan Infeksi

Infeksi yang dapat menyebabkan pendarahan setelah berhubungan seks meliputi: klamidia, gonorea, trikomoniasis atau Infeksi jamur.

Klamidia, herpes genital, gonore, dan trikomoniasis adalah semua infeksi menular seksual. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan pada leher rahim, yang merupakan saluran antara vagina dan rahim.

Ketika serviks meradang, penetrasi dapat menyebabkan iritasi dan kemungkinan pendarahan. Sebagian besar infeksi menular seksual dapat dengan mudah diobati.

Sementara itu, infeksi jamur tidak menular secara seksual tetapi disebabkan oleh infeksi jamur yang mempengaruhi saluran vagina.

Infeksi jamur menyebabkan iritasi pada saluran vagina, yang berarti lebih mungkin berdarah selama atau setelah berhubungan seks.

Anda mungkin mengalami kekeringan pada vagina

"Dengan semua jenis penetrasi, jika Anda tidak cukup dilumasi, akan ada banyak gesekan," kata Jessica Geida, DO, seorang OB-GYN di Axia Women's Health.

YesDok Ads

Gesekan ini dapat merusak vagina dan menyebabkan robekan pada dinding vagina sehingga menyebabkan perdarahan.

Kekeringan vagina dapat terjadi pada wanita dari segala usia, tetapi sangat umum pada mereka yang memiliki kadar estrogen rendah, seperti wanita pasca-menopause dan menyusui.

Estrogen berkontribusi pada kelembapan dan kelenturan jaringan vagina, membuat wanita dengan kadar estrogen rendah lebih rentan terhadap pendarahan saat berhubungan seks.

Anda mungkin melakukan hubungan seks yang kuat

Seks yang kuat bisa menjadi kasar pada vagina dan menyebabkan robekan yang dapat menyebabkan pendarahan.

Beberapa pendarahan setelah jenis seks ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan. "Bercak ringan atau cairan merah muda bisa menjadi respons yang sangat normal saat vagina pulih," kata Hector Chapa, MD, seorang OB-GYN di Texas A&M College of Medicine.

Anda mungkin berisiko terkena kanker serviks

Pendarahan vagina yang tidak normal adalah salah satu indikator awal kanker serviks.

HPV – penyebab utama kanker serviks – dapat menyebabkan mutasi pada sel-sel di lapisan serviks. Sel-sel serviks yang abnormal ini dapat menyebabkan Anda berdarah setelah berhubungan seks.

"Jika seseorang datang dengan keluhan pendarahan pascacoital, atau pasca-seks, salah satu hal pertama yang kami lakukan adalah memeriksa riwayat pap smear mereka dan memastikan mereka up to date dengan skrining kanker serviks," kata Bowman.

YesDok Ads