Bercak Putih di Wajah? Samarkan dengan 3 Cara Ini!

June 19, 2019 | Claudia

Kulit kita rentan mengalami masalah. Selain jerawat, komedo, dan bercak hitam di wajah, bercak-bercak warna putih juga bisa muncul di kulit, dan mengganggu penampilan Anda. Bercak putih di wajah banyak dialami oleh orang-orang, dan kondisi ini biasanya disebut vitiligo.

Vitiligo biasanya terjadi, ketika ada penurunan sel-sel yang menghasilkan melanin di dalam tubuh. Namun, bercak putih juga bisa muncul, akibat paparan sinar matahari berlebih atau terjadi infeksi pada kulit. Kedua hal ini bisa memengaruhi pigmentasi kulit dan akhirnya menyebabkan bintik-bintik putih.

Memang, sudah banyak produk di pasaran yang mengklaim bisa mengatasi hal ini, namun, Anda juga bisa menggunakan tips berikut ini untuk membantu menyamarkan bercak-bercak putih yang muncul di kulit. Simak tips di bawah ini untuk mengetahui caranya!

Teh hijau

Teh hijau memang terkenal membawa banyak manfaat kesehatan, dan dalam hal ini termasuk mengatasi masalah bercak putih pada kulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah satu kantung teh hijau celup, 1 gelas air dan kapas.

Cara menggunakannya, rebus air dan rendam teh hijau di dalamnya. Biarkan sampai bersuhu agak hangat. Celupkan kapas dalam larutan teh hijau ini dan totolkan pada bagian kulit yang terdapat bercak putih. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

YesDok Ads

Pepaya

Selain menyehatkan tubuh, kandungan nutrisi dalam pepaya juga bisa membantu Anda dalam mengatasi bercak putih pada kulit. Yang perlu Anda lakukan ialah potong pepaya menjadi potongan kecil kemudian gosokkan potongan pepaya pada bagian wajah Anda yang terdapat bercak putih. Diamkan selama 15-20 menit, setelahnya bilas dengan air bersih. 

Selain dengan cara ini, Anda juga bisa menghaluskan pepaya hingga berbentuk seperti pasta kemudian aplikasikan pepaya pada bercak-becak putih di kulit Anda.

Jahe

Jahe dapat membantu Anda mengatasi bercak putih pada kulit. Yang perlu Anda lakukan ialah haluskan sepotong jahe segar di dalam blender. Aplikasikan halusan jahe ini pada bercak-bercak putih di kulit wajah Anda. Diamkan selama 5-10 menit kemudian bilaslah dengan air bersih.

(Foto: skincare.lovetoknow.com)

YesDok Ads