Diet
+1

Berbahagialah dengan 5 Makanan Ini

September 04, 2019 | Claudia

Mengapa harus terlarut dalam kesedihan, jika Anda bisa berbahagia? Bahagia merupakan perasaan yang menyenangkan, yang membuat Anda sejenak terlupa akan masalah-masalah lain di hidup Anda. Dan tahukah Anda, berbahagia dapat membawa dampak positif pada kesehatan tubuh?

Rasa bahagia bisa muncul dari banyak hal, bisa juga datang dari diri Anda sendiri atau orang lain. Rasa bahagia, terbentuk berkat empat hormon yang dilepas dalam tubuh, seperti dopamin, serotonin, endorfin, dan oksitosin.

Selain itu, ada beberapa makanan yang bisa membuat Anda lebih bahagia. Ini karena makanan-makanan ini bisa membantu tubuh dalam melepas hormon-hormon bahagia. Untuk Anda yang ingin terus berbahagia, coba perbanyak konsumsi makanan ini:

Tomat

Tomat kaya akan likopen, antioksidan yang memiliki tugas untuk melindungi otak dan mengatasi depresi. Menurut penelitian, salah satu manfaat terpenting dari likopen adalah mencegah penumpukan senyawa pro-inflamasi yang bisa dikaitkan dengan depresi.

Cokelat hitam

Cokelat hitam tinggi akan kandungan antioksidan. Cokelat hitam dipercaya mampu meningkatkan mood berkat hadirnya N-acylethanolamine, sekelompok zat kimia yang bertugas menstimulasi otak untuk melepaskan endorfin. Tak hanya itu, banyak juga manfaat lain dari cokelat hitam, yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi kognitif, dan juga meningkatkan kesehatan jantung. Jadi, tak hanya nikmat, cokelat hitam juga membawa banyak manfaat.

YesDok Ads

Kacang dan biji-bijian

Kandungan vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium dan seng dalam kacang-kacangan, mampu menjaga hormon stres kortisol tetap dalam level rendah. Walnut, almond dan biji-bijian seperti biji labu, dapat merangsang pelepasan hormon endorfin ke aliran darah untuk menimbulkan perasaan bahagia, menghilangkan stres dan meningkatkan mood Anda.

Avokad

Asam lemak omega-3 dalam avokad, sudah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan otak dan juga mengatur suasana hati. Sumber tinggi vitamin B3 dalam avokad, dapat meningkatkan pelepasan hormon serotonin. Semua nutrisi ini memainkan peran penting dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

Susu

Kandungan senyawa triptofan yang kemudian dikonversi menjadi serotonin, membuat susu masuk ke dalam minuman yang harus Anda konsumsi agar lebih bahagia. Hormon serotonin merupakan hormon bahagia yang membantu mengatur suasana hati. Jadi jelas, minum susu bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh melainkan mental Anda pula.

(Foto: wellandgood.com)

YesDok Ads