0 Point
Nyeri Payudara

Berbagai Penyebab Umum dari Nyeri Payudara

Banyak wanita dari segala usia mengeluhkan nyeri pada area payudaranya, atau disebut juga dengan mastalgia. Nyeri saat terjadi sebelum dan sesudah menopause. Namun, nyeri pada payudara paling sering terjadi selama tahun-tahun reproduksi.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan nyeri pada payudara, yakni:

Nyeri payudara siklik

Nyeri payudara siklik maksudnya adalah nyeri yang terjadi secara teratur. Biasanya ini terjadi akibat fluktuasi hormonal, gejalanya tergantung pada berbagai faktor, termasuk siklus menstruasi.

Nyeri payudara siklik sering terjadi dengan perubahan fibrokistik, yakni termasuk kelenturan dan area jaringan payudara yang menebal. Pembengkakan siklik, nyeri payudara, payudara terasa berat, cenderung hilang setelah menstruasi datang. Perubahan hormon selama kehamilan dan menyusui juga dapat menyebabkan perubahan payudara yang biasanya disertai rasa sakit.

Kanker payudara

Sebagian besar kanker payudara tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, kanker payudara inflamasi dan beberapa tumor dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada payudara.

Anda harus segera menghubungi dokter jika terjadi:

  • Terdapat benjolan di payudara
  • Nyeri atau benjolan yang tidak kunjung hilang setelah haid
  • Keluarnya cairan dari puting, berdarah, bening, putih, atau lainnya
  • Nyeri payudara tanpa penyebab yang diketahui atau nyeri tak kunjung hilang
  • Gejalanya terjadi secara konsisten, dengan infeksi payudara seperti kemerahan, nanah, atau demam

Pemakaian bra yang tidak tepat

Nyeri payudara dapat disebabkan oleh bra yang tidak pas. Bra yang terlalu ketat atau terlalu longgar dapat menekan payudara dan membuat payudara tidak tertopang dengan benar, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan hingga rasa sakit.

Mastitis

Mastitis adalah infeksi payudara yang menyakitkan. Ini paling sering terjadi selama masa menyusui, karena saluran susu yang tersumbat. Namun, beberapa kondisi juga bisa menyebabkan masalah ini.

Gejalanya termasuk:

  • Demam
  • Sakit atau nyeri pada payudara
  • Kelelahan ekstrem
  • Perubahan pada payudara, seperti kemerahan, bengkak, dan payudara terasa hangat

(Foto: self.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok