Berbagai Manfaat dari Makan Bawang Putih, Bisa untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

July 24, 2021 | Helmi

garlic

Bawang putih sering menjadi bumbu dasar dari berbagai jenis makanan. Di samping penggunaannya sebagai bumbu dan penyedap rasa, bawang putih sebenarnya juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting.

Berikut adalah lima manfaat bawang putih yang bisa Anda dapatkan tiap kali mengonsumsinya.

Bawang Putih Mengandung Banyak Gizi

Satu siung bawang putih mentah memiliki sekitar 14 kalori, 0,57 gram protein, dan sekitar tiga gram karbohidrat (sebagai perbandingan, satu potong roti putih mengandung 34 gram karbohidrat).

Meskipun satu siung bawang putih mentah cukup kecil, sebenarnya ada sejumlah besar vitamin dan nutrisi berikut: vitamin C (2,81 mg), selenium (1,28 mcg), Mangan (0,15 mg) dan zat besi (0,15 mg).

Satu siung bawang putih memiliki profil nutrisi yang padat, tetapi ukuran bawang putih yang kecil berarti kita tidak mendapatkan nutrisi dalam jumlah besar dari satu siung bawang putih.

Dapat Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih juga kaya dengan senyawa bergizi yang disebut allicin dan alliinase. Faktanya, kehadiran allicin membantu bawang putih meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah tinjauan tahun 2015 dari Journal of Immunology menemukan bahwa bawang putih memperkuat sistem kekebalan dengan merangsang sel-sel kekebalan seperti makrofag, limfosit, dan sel pembunuh alami. 

Bawang putih juga dapat membantu mencegah pilek dan flu karena sifat antimikroba dan antibiotik tanaman, kata Brigman, yang akan menghentikan pertumbuhan virus, bakteri, dan organisme lain yang tidak diinginkan.

Bawang putih mungkin tidak akan mencegah penyakit, tetapi mungkin memberikan sedikit dorongan ekstra jika Anda ingin memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Dapat Mengurangi Risiko Kanker Tertentu

YesDok Ads

Menurut ahli, bawang putih juga merupakan sumber fitokimia yang baik, yang membantu memberikan perlindungan dari kerusakan sel, menurunkan risiko kanker tertentu.

Fitokimia adalah senyawa dalam sayuran dan buah-buahan yang terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis. 

Ada beberapa bukti bahwa mengonsumsi fitokimia melalui bawang putih dapat memiliki efek anti karsinogenik dan berpotensi menurunkan risiko kanker perut dan kolorektal.

Namun, penelitian pada subjek manusia masih kurang, dan tidak terbukti bahwa konsumsi bawang putih benar-benar dapat mencegah atau mengobati kanker.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Experimental and Therapeutic Medicine menemukan bahwa mengonsumsi dua kapsul ekstrak bawang putih sehari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kekakuan arteri bagi penderita hipertensi.

Selain itu, laporan tahun 2013 menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengurangi lipid dalam darah, yang berarti menurunkan kolesterol dan dengan demikian menurunkan risiko pembentukan plak di sistem kardiovaskular.

umlah bawang putih yang dibutuhkan untuk mencapai efek kesehatan jantung ini berbeda antar individu. Namun, melihat penelitian yang tersedia pada subjek, yang terbaik adalah mengkonsumsi sekitar empat siung bawang putih segar per minggu.

Memungkinkan Anda Berolahraga Lebih Lama

Bawang putih melepaskan oksida nitrat, senyawa yang melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Senyawa ini sering dilepaskan saat berlari untuk memasok lebih banyak oksigen ke otot yang bekerja.

Beberapa penelitian pada hewan pada tikus juga menemukan bahwa bawang putih dapat meningkatkan daya tahan atletik, demikian temuan tahun 2007 dari Molecular Nutrition Food Research. 

Namun, ahli mencatat data yang tidak meyakinkan pada subjek manusia berarti kita tidak dapat menarik kesimpulan yang pasti.

YesDok Ads