Berbagai Jenis Biji-bijian dan Manfaat Mengkonsumsinya untuk Kesehatan

July 26, 2022 | Helmi

Biji-bijian untuk kesehatan

Selain kacang-kacangan, biji-bijian bisa dijadikan pilihan makanan sehat untuk semua orang. Biji-bijian merupakan makanan padat nutrisi, memberi Anda karbohidrat kompleks, lemak, protein, vitamin, mineral dan serat, serta energi.

Biji-bijian adalah sumber serat makanan yang baik, yang memperlambat laju pencernaan dan menjaga sistem pencernaan Anda tetap pada jalurnya. Mereka memberi Anda lemak baik, yang menyehatkan sel-sel darah dan membantu menjaga fungsi otak.

Biji Chia

Biji chia sangat kaya serat. Serat dalam biji chia bukan jenis biasa; itu akan membengkak untuk membentuk gel ketika bercampur dengan cairan pencernaan di usus. Hal ini menyebabkan perasaan kenyang dan meningkatkan kontrol gula darah. 

Biji chia juga tinggi asam lemak omega-3 dan menawarkan aktivitas antioksidan yang kuat. Satu sendok makan biji chia memiliki 60 kalori dengan 3 gram protein, 3 gram lemak dan 5 gram karbohidrat.

Biji Labu

Biji labu memiliki kadar lemak tak jenuh yang tinggi, yang membuat tubuh Anda berfungsi seperti mesin yang diminyaki dengan baik. 

Bijinya mengandung zat besi, yang membantu menjaga tingkat energi yang tinggi, bersama dengan magnesium, seng yang meningkatkan testosteron, dan vitamin K. Satu sendok makan biji labu memiliki 47 kalori dengan 2 gram protein, 4 gram lemak dan 1,5 gram karbohidrat.

YesDok Ads

Biji Rami

Biji rami memberikan protein nabati berkualitas sangat tinggi ke otot. Ini adalah salah satu dari sedikit sumber vegetarian protein lengkap, yang mengandung semua 20 asam amino yang penting untuk membangun otot. 

Bijinya kaya akan mineral penting seperti zat besi penambah energi, kalsium pembentuk tulang, dan magnesium. Mereka juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Satu sendok makan biji rami memiliki 57 kalori dengan 3 gram protein, 4 gram lemak dan 1 gram karbohidrat.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau dikenal juga sebagai kuaci, dikemas dengan lemak baik, selenium, tembaga, dan vitamin E yang kaya antioksidan, yang semuanya meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah peradangan. 

Tingginya kadar vitamin E dapat meningkatkan pemulihan setelah berolahraga karena mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh latihan dalam tubuh. Mereka juga kaya akan folat, nutrisi yang penting bagi wanita. Biji bunga matahari juga kaya serat, membuat Anda kenyang lebih lama.

Satu sendok makan biji bunga matahari memiliki 51 kalori dengan 2 gram protein, 4,5 gram lemak dan 2 gram karbohidrat.

YesDok Ads