0 Point
meditasi

Berapa Lama Meditasi Dianggap Efektif? Ini Penjelasan Para Ahli

Anda mungkin semakin sering mendengar tentang banyak alasan untuk berlatih meditasi. Dari relaksasi hingga hubungan spiritual, manfaat dari latihan meditasi tampaknya tidak ada habisnya.

Lantas, bagaimana Anda tahu apakah Anda menuai manfaat dari meditasi yang Anda lakukan? Serta berapa lama waktu yang ideal untuk melakukan meditasi?

Secara keseluruhan, para peneliti telah mengidentifikasi lima karakteristik yang menentukan efektivitas latihan meditasi:

  • contoh atau frekuensi sesi latihan
  • durasi atau lamanya waktu latihan
  • kepatuhan terhadap instruksi latihan
  • kompetensi, relevansi budaya, dan pemahaman konteks mengapa Anda berlatih
  • Kenikmatan ketika bermeditasi

Dalam sebuah studi tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa peserta yang bertahan dengan latihan dan berlatih untuk waktu yang lebih lama memiliki hasil yang positif.

Studi 2017 lainnya menemukan hubungan yang signifikan antara durasi latihan meditasi dan emosi positif.

Menurut studi 2018 lainnya dari praktisi India dalam tradisi Brahma Kumaris Rajayoga, para peneliti menemukan bahwa kompetensi, bukan durasi latihan, yang menentukan apakah meditasi menghasilkan peningkatan kesejahteraan.

Namun, mereka menemukan beberapa korelasi antara lama latihan dengan ukuran kesejahteraan. Bermeditasi secara teratur selama 8 minggu selama 13 menit sehari telah terbukti cukup untuk mendapatkan manfaat dari latihan Anda.

Penelitian di atas menyiratkan bahwa 13 menit meditasi per sesi sudah cukup untuk menuai manfaat. Namun, keteraturan dan rutinitas mungkin sama pentingnya.

Berlatih selama 13 menit sekali setiap beberapa bulan tidak akan menghasilkan banyak manfaat seperti berlatih setiap hari selama 5 menit.

Ini mungkin tampak seperti tidak perlu dipikirkan, tetapi ada kesalahpahaman umum bahwa meditasi harus berat atau terlalu fokus agar bermanfaat.

Kuncinya adalah nikmati meditasi, pastikan frekuensi yang rutin, durasi yang tepat, maka latihan meditasi Anda jadi lebih optimal.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok