Berapa Lama Manusia Bisa Hidup Tanpa Makan dan Minum, Ini Penjelasannya

November 16, 2022 | Helmi

Berapa Lama Manusia Bisa Hidup Tanpa Makan dan Minum

Makanan dan minuman menjadi bagian tak terpisahkan dari manusia. Tubuh kita membutuhkan makanan dan air untuk bertahan hidup. Para ahli tidak mengetahui dengan pasti berapa lama seseorang bisa hidup tanpa makanan, namun ada catatan orang bertahan hidup tanpa makanan atau minuman antara 8 dan 21 hari.

Ini perkiraan yang didasarkan pada kondisi di mana orang selamat dari suatu peristiwa seperti terjebak dan sejenisnya. Karena tidak etis melakukan eksperimen berapa lama manusia bisa hidup tanpa makan dan minum.

Namun, lamanya seseorang dapat bertahan hidup akan bergantung pada berbagai faktor, seperti usia dan kesehatan individu serta apakah mereka memiliki air untuk diminum atau tidak.

Konsumsi makanan dan air sangat penting bagi kehidupan manusia. Tubuh Anda membutuhkan energi dari sumber makanan dan hidrasi dari air agar berfungsi dengan baik. Berbagai sistem dalam tubuh Anda bekerja optimal dengan pola makan yang bervariasi dan asupan air yang cukup setiap hari.

Namun tubuh kita juga mampu bertahan berhari-hari tanpa air. Kita bisa pergi berhari-hari atau terkadang berminggu-minggu tanpa makanan karena penyesuaian metabolisme dan konsumsi energi kita.

Ketika tubuh seseorang tidak menerima cukup kalori untuk menjalankan fungsi pendukung kehidupannya yang biasa, ini dikenal sebagai kelaparan. Hal ini dapat terjadi jika asupan makanan sangat dibatasi, atau jika tubuh seseorang tidak dapat mencerna makanan untuk menyerap nutrisi.

Ketika tubuh manusia sangat kekurangan kalori, ia mulai berfungsi secara berbeda untuk mengurangi jumlah energi yang dibakarnya. Jika nutrisi tidak dipulihkan, kelaparan dapat menyebabkan hilangnya nyawa.

Tidak ada "aturan" untuk berapa lama Anda bisa hidup tanpa makan dan minum. Jawabannya tergantung pada perbedaan dan keadaan individu. 

Tanpa makanan dan tanpa air, waktu maksimal tubuh dapat bertahan hidup diperkirakan sekitar satu minggu. Dengan hanya air, tetapi tanpa makanan, waktu bertahan hidup dapat mencapai 2 hingga 3 bulan.

Mampu hidup berhari-hari dan berminggu-minggu tanpa makanan dan air tampaknya tidak terbayangkan oleh kita. Lagi pula, tidak makan sepanjang hari atau bahkan satu jam tanpa makanan dan air dapat membuat banyak dari kita mudah tersinggung dan kekurangan energi.

Tubuh Anda benar-benar menyesuaikan diri jika Anda melakukan puasa jangka pendek atau tidak dapat mengakses makanan dan air untuk waktu yang sangat lama.

YesDok Ads

Tubuh Tanpa Asupan Makanan dan Minuman

Dibutuhkan sekitar 24 jam tanpa makan agar tubuh Anda mengubah cara menghasilkan energi. Dalam keadaan normal, tubuh Anda memecah makanan menjadi glukosa. Glukosa menyediakan energi bagi tubuh.

Selama 24 jam pertama tanpa makanan, karena penyimpanan glukosa Anda habis, tubuh Anda akan mulai mengubah glikogen dari hati dan otot menjadi glukosa.

Pada hari kedua tanpa makanan, glukosa dan glikogen Anda habis. Tubuh Anda akan mulai memecah jaringan otot untuk menyediakan energi. Namun, tubuh Anda dirancang untuk menghemat otot, bukan untuk memecahnya. Jadi fase ini memberikan energi sementara metabolisme Anda membuat perubahan besar.

Untuk mencegah kehilangan otot yang berlebihan, tubuh mulai mengandalkan simpanan lemak untuk membuat keton sebagai energi, sebuah proses yang dikenal sebagai ketosis.

Selama 5 hari pertama tanpa makanan, seseorang mungkin kehilangan 1 hingga 2 kilogram berat badan setiap hari. Sebagian besar penurunan berat badan ini terkait dengan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. 

Selama beberapa minggu kelaparan, perubahan dalam tubuh biasanya menyebabkan penurunan berat badan melambat menjadi rata-rata 0,3 kilogram per hari.

Semakin banyak simpanan lemak yang tersedia, semakin lama seseorang biasanya dapat bertahan hidup selama kelaparan. Setelah simpanan lemak telah sepenuhnya dimetabolisme, tubuh kemudian kembali ke penghancuran otot untuk energi, karena itu satu-satunya sumber bahan bakar yang tersisa di tubuh.

Anda akan mulai mengalami gejala merugikan yang parah selama tahap kelaparan di mana tubuh Anda menggunakan cadangan ototnya untuk energi.

Sebuah studi di Jurnal Medis Inggris menyatakan bahwa mereka yang melakukan mogok makan harus diawasi secara ketat untuk efek samping kelaparan yang parah setelah kehilangan 10 persen dari berat badan mereka. 

Dikatakan juga bahwa kondisi yang sangat serius akan terjadi ketika seseorang kehilangan 18 persen dari berat badannya.

YesDok Ads