Berapa Lama Durasi Tidur Bayi yang Baru Lahir?

September 29, 2021 | Helmi

bayi tidur

Bagi Anda para orang tua baru, alias baru memiliki buah hati, mungkin bertanya-tanya berapa lama tidur yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir.

Bayi yang baru lahir membutuhkan tidur paling banyak dalam beberapa minggu pertama kehidupannya. Bayi yang baru lahir tidur lebih lama daripada durasi mereka bangun.

"Pada minggu pertama kehidupan, bayi baru lahir tidur 16 hingga 17 jam per hari," kata Dhanya Puram Limaye, dokter perawatan primer di Pusat Kesehatan Keluarga Erie dan anggota fakultas di Fakultas Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern.

Tentu saja, ada beberapa variasi dan beberapa bayi akan tidur lebih lama dari yang lain, kata Limaye. Namun, satu hal yang konsisten: Tidak ada bayi baru lahir yang akan tidur sepanjang malam. Bayi yang baru lahir akan bangun setiap satu hingga tiga jam untuk makan.

Faktanya, bayi memiliki siklus tidur yang lebih pendek. "Mereka menghabiskan lebih sedikit waktu dalam tidur gerakan mata cepat (REM), atau tidur mimpi, dibandingkan dengan orang dewasa," kata Harbhajan.

Bayi akan tidur lebih lama seiring bertambahnya usia

Saat bayi dewasa, demikian juga pola tidurnya. Mereka akan mulai tidur lebih lama sepanjang malam dan membutuhkan lebih sedikit jam tidur di siang hari. Di bawah ini adalah panduan tentang durasi tidur bayi selama enam bulan pertama.

Usia satu bulan: Seorang anak berusia satu bulan akan tidur sekitar 15,5 jam total, dibagi rata antara siang dan malam, menurut Stanford Children's Health.

Usia dua bulan: Bayi masih membutuhkan sekitar 15,5 jam tidur setiap hari. Tapi sekitar dua bulan, mereka akan mulai membedakan antara siang dan malam, kata Harbhajan. Dan, saat bayi dewasa, perut mereka bisa kenyang lebih lama, yang berarti mereka akan tidur lebih lama.

Usia empat bulan: Bayi tidur sekitar 14 hingga 15 jam pada usia ini, 10 hingga 12 di antaranya di malam hari. Mereka akan bangun satu atau dua kali di malam hari untuk menyusu, tetapi "secara umum, pada usia empat bulan, bayi secara neurologis cukup matang untuk tidur lebih lama di malam hari," kata Limaye. 

Dia merekomendasikan untuk para orang tua agar menetapkan rutinitas malam hari pada usia ini. Ini membantu "bayi belajar tertidur sendiri, meningkatkan kemungkinan mereka akan tidur sepanjang malam."

Usia enam bulan: Pada usia enam bulan, bayi harus tidur 13 hingga 14 jam setiap hari. Pada titik ini, mereka telah membentuk ritme sirkadian mereka. Di usia ini bayi tidur 10 jam sepanjang malam dan tidur siang sekitar empat jam di siang hari.

Ingatlah bahwa setiap bayi berbeda. Dan sementara banyak yang akan mulai tidur sepanjang malam pada usia enam bulan, diperkirakan 20% hingga 30% akan terus bangun secara berkala di malam hari hingga dua tahun setelah kelahiran.

"Bayi yang baru lahir membutuhkan lebih banyak tidur daripada anak-anak, remaja, dan orang dewasa untuk mendukung perkembangan mental dan fisik mereka yang cepat," kata Harbhajan.

Faktanya, bayi memproduksi miliaran neuron di otak mereka, yang pada akhirnya akan menghasilkan sekitar 100 triliun koneksi saraf saat dewasa.

YesDok Ads