Berapa Jumlah Telur yang Bisa Dikonsumsi Dalam Sehari?

March 22, 2021 | Iman

Telur

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi untuk dikonsumsi. Satu telur utuh mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain murah, telur adalah sumber protein lengkap, kaya vitamin B12, vitamin D dan beberapa antioksidan lainnya, yang bersama-sama membantu kita tetap sehat dan mencegah penyakit kronis.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi telur dalam sehari dinilai tidak baik untuk kesehatan karena kandungan kolesterol yang tinggi pada kuning telur. Terlalu banyak telur juga dikaitkan dengan penyakit perut. Lantas berapa jumlah telur yang aman dikonsumsi dalam sehari?

Mengkonsumsi terlalu banyak telur dalam sehari dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal itu karena kandungan kolesterol dalam kuning telunyar yang tinggi. Satu kuning telur mengandung sekitar 200 miligram (mg) kolesterol dan tingkat yang disarankan hariannya tidak lebih dari 300 mg per hari.
Tetapi penelitian terbaru menegaskan bahwa kolesterol makanan memiliki sedikit pengaruh pada tingkat kolesterol total dan kolesterol jahat dalam tubuh. Faktanya, lemak jenuh makananlah yang meningkatkan tingkat kolesterol LDL. 

YesDok Ads

Ketika berberbicara tentang berapa banyak telur yang bisa didapatkan dengan aman dalam sehari, tidak ada jawaban pasti dan spesifik. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan pandangan akan hal ini.

Rata-rata orang sehat dapat dengan aman mengonsumsi hingga tujuh telur per minggu. Jika Anda tidak menderita masalah kesehatan apa pun atau belum pernah menyaksikan efek samping apa pun, Anda dapat dengan mudah mengonsumsi maksimal tiga telur dalam sehari. Telur itu sehat dan bergizi, tetapi tidak berarti Anda bisa memakannya sebanyak yang Anda mau. Makanan yang dikonsumsi berlebihan bagaimanapun dapat membahayakan kesehatan, hal yang sama berlaku untuk telur.

Mengonsumsi terlalu banyak telur dalam sehari, terutama di musim panas, dapat menyebabkan penumpukan panas dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah pada buang air besar. Selain itu, bahkan dapat menyebabkan diare, terutama pada anak kecil.
 
Hingga saat ini belum ada penelitian atau penelitian yang mampu menyatakan dengan jelas jumlah maksimum telur yang bisa dimakan seseorang dalam sehari. Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk sampai pada kesimpulan apa pun. Selalu disarankan untuk makan makanan apa pun dalam jumlah sedang dan secukupnya.

YesDok Ads