Berapa Banyak Sinar Matahari yang Dibutuhkan untuk Mencukupi Vitamin D?

October 01, 2021 | Helmi

sun bathing

Matahari adalah sumber kita yang paling umum vitamin D. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, membangun otot yang kuat, menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan mencegah kondisi neurodegeneratif.

Apalagi, kebutuhan vitamin D disebut sangat penting di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Menurut ahli, orang dewasa membutuhkan sekitar 15 mikrogram vitamin D setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

“Vitamin D penting untuk memperkuat dan memelihara tulang, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan memecah glukosa dalam tubuh,” kata David J. Leffell, MD, kepala Bedah Dermatologi Kedokteran Yale dan profesor dermatologi di Yale School Kedokteran.

"Tidak perlu terlalu banyak sinar matahari untuk mendapatkan dosis vitamin D yang sehat. Vitamin D yang cukup dapat diperoleh dengan paparan terbatas pada lengan dan kaki Anda selama 10 hingga 15 menit dua hingga tiga kali seminggu," kata Susan Massick, MD, seorang dokter kulit di The Ohio State University Wexner Medical Center dan profesor dermatologi di Ohio State College of Medicine.

YesDok Ads

Leffel mengingatkan untuk mlindungi kulit Anda dengan selalu menggunakan tabir surya atau mengenakan pakaian pelindung saat berada di luar atau ketika berjemur di bawah sinar matahari.

Tabir surya tidak menghalangi sinar UVB yang bermanfaat dari matahari. Oleh karena itu, dapat mencegah kulit terbakar tanpa mengurangi produksi vitamin D tubuh.

"Jika ragu, dapatkan tambahan vitamin D melalui diet Anda daripada meningkatkan waktu Anda di bawah sinar matahari. Karena peningkatan risiko kanker kulit tidak sebanding dengan jumlah tambahan vitamin D minimal yang mungkin Anda peroleh,” pungkas Massick.

YesDok Ads