Berapa Banyak Konsumsi Omega 3 yang Baik untuk Tubuh?

March 24, 2021 | Helmi

sumber lemak omega3

Kebutuhan omega-3 harian seseorang bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan berbagai faktor kesehatan.

Orang memberi banyak perhatian pada asam lemak omega-3 karena manfaat kesehatannya. Ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah beberapa sumber makanan kaya akan omega-3.

Omega-3 adalah bagian penting dari membran sel tubuh, dan membantu fungsi jantung, paru-paru, sistem kekebalan, dan sistem hormon.

Ada tiga jenis asam lemak omega-3: asam docosahexaenoic (DHA), asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam alfa-linolenat (ALA)

Tingkat DHA sangat tinggi di mata, otak, dan sel sperma. EPA mungkin memiliki manfaat tertentu untuk mengurangi peradangan. 

Tubuh memecah ALA menjadi EPA dan DHA, tetapi tingkat konversinya rendah. Untuk alasan ini, orang harus memasukkan ketiga omega-3 dalam makanan mereka.

Ikan berlemak tinggi DHA dan EPA. Sumber tanaman tinggi ALA. Jika seseorang tidak mendapatkan cukup setiap jenis omega-3 dari makanannya, mereka mungkin bisa memperolehnya dari suplemen.

Pertanyaannya, berapa banyak asupan omega-3 yang direkomendasikan untuk berbagai orang untuk mencapai kesehatan yang optimal?

Beberapa organisasi nasional telah merilis pedoman untuk asupan omega-3, tetapi mereka sangat bervariasi. Karena itu, tidak ada aturan mutlak tentang berapa banyak omega-3 yang dibutuhkan seseorang.

YesDok Ads

Namun, penelitian menunjukkan bahwa kelompok orang yang berbeda membutuhkan jumlah yang berbeda, dan asupan omega-3 yang lebih tinggi dapat membantu untuk kondisi kesehatan tertentu. Kami membahas kebutuhan diet di bawah ini.

Satu laporan dari tahun 2008 menunjukkan bahwa pria dan wanita dewasa harus mendapatkan sekitar 0,25 gram EPA ditambah DHA per hari.

Orang juga harus menambahkan lebih banyak omega-3 ke dalam makanan mereka saat hamil dan menyusui.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) telah menyarankan bahwa wanita yang mungkin hamil, mereka yang sedang menyusui, dan anak-anak harus memasukkan lebih banyak ikan ke dalam makanan mereka setiap minggu. 

Mereka merekomendasikan bahwa wanita yang sedang hamil atau menyusui makan 8-12 ons ikan rendah merkuri setiap minggu untuk mendapatkan manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Bayi laki-laki dan perempuan sampai usia 1 tahun harus mengkonsumsi 0,5 g sebagai total omega-3. ASI mengandung ALA, DHA, dan EPA untuk bayi yang disusui.

Tidak ada batas atas asupan omega-3. Menurut NIH, FDA telah menyarankan agar orang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 3 g DHA dan EPA gabungan per hari.

Dalam jangka waktu yang lama, para ilmuwan mengatakan bahwa omega-3 dapat mengurangi fungsi sistem kekebalan karena menurunkan respons peradangan tubuh.

Dosis tinggi omega-3 juga dapat meningkatkan waktu perdarahan. Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah harus berhati-hati dan berbicara dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsi suplemen omega-3.

YesDok Ads