Sexuality
Adult
+1

Berapa Banyak Kalori yang Dibakar Saat Bercinta?

August 09, 2020 | Helmi

love

Banyak ahli yang mengatakan bahwa berhubungan seksual menjadi salah satu cara untuk membakar kalori. Saat sesi bergairah dengan pasangan tersebut, tubuh Anda akan menjadi “panas” dan berkeringat.

Pada momen menyenangkan tersebut, bisa jadi Anda membakar kalori yang cukup banyak. Namun itu tergantung seberapa aktif pergerakan Anda di atas ranjang dan berapa lama Anda melakukannya.

Ingin mengetahui berapa banyak kalori yang Anda bakar saat berhubungan seks? Inilah yang telah ditemukan para ilmuwan.

Pada 2013, para ilmuwan di University of Montreal mencoba menjawab pertanyaan ini dengan meminta 21 pasangan heteroseksual untuk memakai pelacak kebugaran SenseWear saat mereka bercinta.

Pasangan tersebut juga berlari di atas treadmill selama 30 menit untuk membandingkan olahraga seks mereka dengan olahraga yang sebenarnya.

Hasilnya, yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE, menyimpulkan bahwa pria membakar 100 kalori selama rata-rata sesi bercinta, sedangkan wanita membakar sekitar 69 kalori.

Para peneliti memperkirakan bahwa pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks, sementara wanita membakar 3,1 kalori.

YesDok Ads

Pria mungkin lebih aktif secara fisik saat berhubungan seks yang berpotensi menjelaskan mengapa mereka membakar lebih banyak kalori, penulis studi Antony Karelis.

Tapi alasan utamanya, kata Karelis adalah bahwa "Pria lebih berat daripada wanita, dan karena itu, pengeluaran energi pria akan lebih tinggi untuk latihan yang sama."

Secara total, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori yang dibakar pria saat berolahraga, yaitu sekitar 276 kalori.

Tetapi sementara aktivitas di gym mungkin memberikan latihan yang lebih intens, para peneliti menyimpulkan bahwa, "aktivitas seksual berpotensi dianggap sebagai latihan yang signifikan."

Ditambah lagi, hasil penelitian didasarkan pada jumlah rata-rata waktu pasangan berhubungan seks, yaitu sekitar 25 menit - jadi kita dapat berasumsi bahwa semakin lama sesi, semakin banyak kalori yang bisa dibakar. 

(Foto: freepik/racool_studio)

YesDok Ads