Berapa Banyak Asupan Air Bagi Anak-Anak?

July 05, 2020 | Iman

Anak minum air

Air memainkan peranan penting dalam segi kehidupan manusia, tak terkecuali bagi anak kecil. Tubuh bayi yang baru lahir adalah cairan 75 persen, sedangkan untuk orang dewasa, cairannya 60 persen. Tubuh kita membutuhkan air untuk terjadinya reaksi kimia dasar.

Ketika kita tidak minum cukup air, tubuh kita tidak bisa berfungsi sebaik-baiknya. Itulah sebabnya ketika dehidrasi mulai terjadi, Anda mulai merasa lelah. Baik itu musim dingin atau musim panas, sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi agar berfungsi optimal.

Ketika kita merasa panas, otak memperingatkan kelenjar keringat untuk menghasilkan keringat. Begitulah cara tubuh menjadi dingin. Jika mengalami dehidrasi, tubuh tidak bisa berkeringat agar tetap dingin. Lantas bagaimana asupan air bagi anak-anak?

Air membantu mengatur pergerakan usus, menjaga suhu tubuh, mempertahankan volume darah, melumasi sendi, mencegah ISK, batu ginjal dan banyak lagi. Tidak hanya bagi orang dewasa tetapi juga balita.

Kita sering menjaga asupan air kita dan tahu kapan harus memilikinya. Tetapi dengan anak-anak kecil yang tidak bisa mengekspresikan diri, sulit untuk mengetahui apakah mereka terhidrasi dengan baik.

Beberapa ahli merekomendasikan kadar kecukupan air bagi anak-anak berdasarkan data The European Food Safety Authority (EFSA). Berikut adalah bagan sederhana untuk memandu Anda tentang berapa banyak air yang seharusnya dimiliki anak Anda. 

YesDok Ads

-Anak laki-laki 4-8 tahun - 1,1 hingga 1,3 liter per hari

-Anak perempuan 4-8 tahun - 1,1 hingga 1,3 liter per hari

-Anak perempuan 9 -13 tahun - 1,3 hingga 1,5 liter per hari.

-Anak laki-laki 9 - 13 tahun - 1,5 hingga 1,7 liter per hari. 

Kadar  di atas merupakan angka rata-rata pada umumnya. Bukan merupakan acuan yang perlu dipatuhi bagi Anda sebagai orangtua. Jumlah air yang dibutuhkan anak-anak tergantung pada jenis kelamin dan usia mereka. Faktor lain juga memengaruhi di mana asupan air tergantung adalah suhu, kelembaban, tingkat aktivitas dan kesehatan keseluruhan orang tersebut.

(Foto: elementnutritionco)

YesDok Ads