Beragam Manfaat Sehat Matcha untuk Tubuh

September 06, 2019 | Helmi

Matcha menjadi salah satu makanan yang digemari belakangan ini. Selain karena rasanya, matcha rupanya juga memiliki fakta terkait manfaat kesehatannya sebagaimana diungkapkan dalam beberapa penelitian.

Berikut ini beberapa manfaat matcha yang bisa dinikmati:

Melindungi Hati

Hati memainkan peran penting dalam membersihkan tubuh dari racun. Fungsinya juga termasuk memetabolisme obat dan memproses nutrisi.

Beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan mengungkapkan bahwa matcha membantu melindungi jaringan penting satu ini.

Misalnya, dalam satu penelitian, yang melibatkan 80 orang, ditemukan bahwa ekstrak teh hijau ini secara signifikan mengurangi kadar enzim hati mereka. Sebuah studi menggunakan tikus diabetes sebagai subyek menunjukkan bahwa matcha membantu mencegah kerusakan ginjal dan hati.

Selain itu, analisis dari 15 studi mengungkapkan bahwa minum minuman itu terkait dengan risiko penyakit hati yang lebih rendah meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat lebih jauh ke dalam efek dari ekstrak teh hijau pada populasi umum.

Meningkatkan Fungsi Otak

Matcha mengandung L-theanine, senyawa yang dikenal untuk menginduksi relaksasi, menurunkan tingkat stres dan meningkatkan aktivitas gelombang alfa di otak.

Sebuah studi yang melibatkan 23 orang menyelidiki kinerja otak mereka setelah mengonsumsi teh matcha, yang mengandung 4 gram matcha.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok yang mengonsumsi matcha berhasil meningkatkan perhatian, waktu reaksi dan memori berbeda dengan kelompok yang tidak mengonsumsi matcha.

YesDok Ads

Studi lain menunjukkan bahwa mengambil 2 gram bubuk matcha setiap hari selama dua bulan meningkatkan fungsi otak pada orang tua.

Mencegah Kanker

Matcha diketahui memiliki sifat anti-kanker yang kuat dalam bentuk katekin yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Satu studi menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau membantu mengurangi tumor payudara pada tikus. Studi tabung reaksi senyawa menemukan bahwa EGCG yang dikandungnya membunuh sel-sel yang menyebabkan kanker kulit, paru-paru, hati dan prostat.

Kaya akan Antioksidan

Matcha kaya akan antioksidan yang membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh, yang merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis.

Menurut sebuah penelitian, suplemen matcha yang diberikan kepada tikus mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Bubuk Matcha ditambahkan ke air panas dan disajikan sebagai teh membuat minuman kaya akan semua nutrisi penting dari seluruh daun. Ini memunculkan katekin dan antioksidan yang dikandungnya.

Ekstrak teh hijau telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan. Meskipun demikian, tetap lebih baik minum matcha dalam jumlah sedang seperti satu atau dua cangkir sehari. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi makanan organik dari teh untuk mengambil keuntungan penuh dari manfaat kesehatannya tanpa memperhitungkan kemungkinan efek samping.

(Foto: Food Revolution Network)

YesDok Ads