Beragam Manfaat Minyak Almond untuk Kesehatan Rambut

May 20, 2022 | Helmi

minyak almond

Minyak almond berasal dari ekstrak biji kacang almond. Almond memang telah dikenal sejak lama karena khasiat penyembuhan dan kesehatannya, termasuk protein tingkat tinggi, asam lemak omega-9, dan vitamin E. 

Sifat-sifat ini menunjukkan bahwa minyak almond dapat bermanfaat untuk rambut Anda. Berikut ini adalah sejumlah manfaat minyak almond untuk rambut Anda:

Minyak almond melembutkan rambut

Minyak almond bersifat emolien, yang berarti dapat mengisi celah di rambut Anda pada tingkat sel. Itu membuat rambut Anda terasa lebih halus saat disentuh. 

Menggunakan minyak almond pada rambut Anda memberikan tekstur yang lebih lembut dari waktu ke waktu. Setelah minyak almond dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa rambut Anda lebih mudah disisir dan ditata.

Minyak almond memperkuat dan memperbaiki rambut

Menggunakan minyak tertentu untuk merawat rambut dapat membuatnya tidak mudah patah dan mengurangi ujung bercabang. Sifat pelumas dari minyak kacang, seperti minyak almond, mengurangi gesekan selama penataan rambut. 

Sebuah studi tentang minyak kacang Brasil (banyak di antaranya mengandung asam oleat dan asam linoleat, seperti minyak almond) menunjukkan peningkatan ketahanan rambut ketika dirawat dengan sejumlah kecil bahan minyak.

Minyak almond bisa membuat rambut Anda tumbuh

Tidak ada uji klinis yang membuktikan bahwa minyak almond efektif dalam membuat rambut tumbuh. Tapi minyak almond dapat membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah bercabang, yang berarti pertumbuhan rambut Anda tidak akan diperlambat oleh kerontokan rambut yang menjadi rusak. 

YesDok Ads

Minyak almond mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi, yang merupakan antioksidan alami. Ketika antioksidan memerangi stres lingkungan di sekitar rambut Anda, rambut Anda terlihat lebih muda dan sehat.

Cara Menggunakan

Anda dapat mengoleskan minyak almond langsung ke rambut Anda, gosokkan sedikit di antara telapak tangan Anda sebelum mengoleskannya. 

Jika Anda ingin meningkatkan kilau dan kelembutan, berikan perhatian khusus pada ujung rambut Anda. Pijat minyak ke ujung batang rambut dan biarkan minyak di rambut Anda setelah menatanya.

Anda juga bisa menggunakan minyak almond sebagai bahan dalam masker rambut dan kondisioner. Campurkan 2 bagian minyak kelapa suhu kamar dengan 1 bagian minyak almond dan bahan kondisioner alami yang lembut, seperti alpukat. 

Oleskan masker rambut ampuh ini untuk membersihkan, mengeringkan rambut, dan biarkan selama 40 menit.

Potensi risiko dan efek samping

Minyak almond umumnya aman bagi siapa saja untuk digunakan pada kulit mereka. Siapa pun yang memiliki alergi kacang yang parah tidak boleh menggunakan minyak almond pada rambut mereka, atau untuk tujuan lain apa pun, karena reaksi alergi yang dipicunya bisa menjadi reaksi yang serius.

Jangan mengoleskan minyak almond murni ke rambut Anda sebelum menata rambut dengan pemanas. Minyak akan memanas di sekitar folikel rambut dan dapat membakar kulit kepala atau batang rambut itu sendiri.

YesDok Ads