Beragam Manfaat Konsumsi Ketumbar untuk Kesehatan

November 23, 2022 | Helmi

manfaat ketumbar

Ketumbar adalah herbal yang biasa digunakan sebagai bahan makanan. Itu berasal dari tanaman Coriandrum sativum. Ketumbar juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Indonesia.

Ternyata, mengonsumsi ketumbar memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat mengonsumsi ketumbar.

Dapat membantu menurunkan gula darah

Gula darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. Biji ketumbar, ekstrak, dan minyak semuanya dapat membantu menurunkan gula darah. 

Faktanya, orang yang memiliki gula darah rendah atau minum obat diabetes harus berhati-hati dengan ketumbar karena sangat efektif menurunkan gula darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji ketumbar mengurangi gula darah dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah.

Kaya antioksidan 

Ketumbar menawarkan beberapa antioksidan, yang mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidannya telah terbukti melawan peradangan di tubuh Anda.

Senyawa ini termasuk terpinene, quercetin, dan tokoferol, yang mungkin memiliki efek antikanker, penambah kekebalan, dan pelindung saraf, menurut penelitian tabung reaksi dan hewan.

Satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

Bermanfaat bagi kesehatan jantung

YesDok Ads

Beberapa penelitian pada hewan dan tabung reaksi menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL (jahat).

Ekstrak ketumbar tampaknya bertindak sebagai diuretik, membantu tubuh Anda membuang kelebihan natrium dan air. Ini dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol juga. Satu studi menemukan bahwa tikus yang diberi biji ketumbar mengalami penurunan kolesterol LDL (jahat) yang signifikan dan peningkatan kolesterol HDL (baik).

Terlebih lagi, banyak orang menemukan bahwa makan bumbu dan rempah pedas seperti ketumbar membantu mereka mengurangi asupan natrium, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dapat melawan infeksi

Ketumbar mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi tertentu dan penyakit bawaan makanan. Dodecenal, senyawa dalam ketumbar, dapat melawan bakteri seperti Salmonella, yang dapat menyebabkan keracunan makanan yang mengancam jiwa.

Selain itu, satu penelitian tabung reaksi mengungkapkan bahwa biji ketumbar adalah salah satu dari beberapa bumbu India yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih (ISK).

Dapat melindungi kulit Anda

Ketumbar mungkin memiliki beberapa manfaat kulit, termasuk untuk ruam ringan seperti dermatitis.

Studi lain mencatat bahwa antioksidan dalam ekstrak ketumbar dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan percepatan penuaan kulit, serta kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet B.

Selain itu, banyak orang menggunakan jus daun ketumbar untuk kondisi kulit seperti jerawat, pigmentasi, sifat manis mulut, atau kekeringan. Meskipun demikian, penelitian tentang penggunaan ini masih kurang.

YesDok Ads